Sukses

Lifestyle

Kumuh dan Sumpek, Inilah Potret Apartemen di Hong Kong

Apa yang Anda bayangkan tentang Hong Kong? Sepertinya menyenangkan tinggal di kota ini, penuh dengan gedung tinggi, orang kaya di mana-mana, kota cantik yang biasanya ada dalam film laga. Namun, walaupun Hong Kong sudah menjadi salah satu kota terkaya di dunia, ada potret warga miskin yang sangat menyedihkan.

Foto: Dailymail.co.uk

Di balik gedung-gedung tinggi dan mewah, terselip banyak apartemen kumuh. Gambar-gambar ini diambil oleh Society for Community Organisation (SoCO), salah satu organisasi sosial di Hong Kong. Bisa Anda lihat bagaimana sebuah keluarga tinggal dalam petak apartemen yang sangat sempit, dilansir Dailymail.co.uk, (22/2).

Foto: Dailymail.co.uk

Bayangkan, satu keluarga, terdiri dari 4 orang harus berbagai ruangan yang tidak lebih besar dari bilik toilet. Ada dua anak di ranjang paling atas, yang satu tidur, yang satu lagi tampak sedang mengerjakan PR. Mereka terhimpit di antara tas, buku dan ruangan yang sangat sesak. Dinding tidak terlihat, dipenuhi barang-barang rumah tangga yang disusun ke atas.

Foto: Dailymail.co.uk

Itu hanya satu keluarga, masih banyak keluarga-keluarga lain yang hidup dalam ruangan sangat sempit, penuh barang, kumuh dan tidak sehat. Inilah salah satu upaya SoCO menggambarkan realita masyarakat miskin di Hong Kong. Gambar-gambar ini diambil di distrik Sham Shui Po , Yau Tsim Mong dan Kowloon City dan terjadi di 18 wilayah lain.

Foto: Dailymail.co.uk

Ho Wah Hei, direktur SoCO mengatakan, "Hong Kong dianggap sebagai salah satu kota terkaya di dunia. Namun di balik kemakmurannya, ada ketimpangan besar dari kelompok kaya dan masyarakat miskin,". Selagi pusat kota menumpuk kekayaan, jumlah warga miskin juga semakin banyak.

 Foto: Dailymail.co.uk

Kondisi masyarakat miskin ini sering tidak mendapat perhatian dari mereka yang berkuasa. Ketidakadilan ini diprediksi akan terus meningkat, sehingga banyak lembaga sosial yang memperjuangkan kelayakan hidup warga miskin di Hong Kong. Kemiskinan ini merupakan salah satu efek korupsi yang merajalela setelah tahun 1970.

Sebuah potret yang sebenarnya tidak jauh beda dengan Indonesia, khususnya Jakarta. Di balik gedung-gedung mewah, ada warga miskin yang tinggal di pinggir sungai yang kotor.

BACA JUGA:

9 Resep Masakan Pedas Sehari-Hari Yang Enak Banget

20 Cara Ungkapkan Cinta Tanpa Kata Pada Pria

9 Operasi Plastik Paling Aneh di Seluruh Dunia

Maaf Nak, Ibu Berbohong Agar Kamu Sukses dan Tidak Manja

Iklan Permen Karet Ini Akan Membuat Anda Terharu

Cinta Tak Direstui, Arwah Gadis Ini Hantui Gaun Pengantin

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading