Sukses

Lifestyle

Jangan Buru-Buru Resign Bila Kehilangan Semangat Bekerja

Fimela.com, Jakarta Sering merasa lelah dan tak semangat lagi bekerja? Mungkin kita sedang mengalami kondisi yang disebut dengan burn out. Burn out adalah sebuah psikologi yang digunakan untuk menggambarkan perasaan kegagalan dan kelesuan akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang. Kondisi ini pun kerap dialami kita yang saat ini sudah berkarier atau bekerja.

Saat kehilangan semangat bekerja, mungkin kita akan memilih jalan pintas untuk langsung resign. Tapi sebelum buru-buru resign, coba lakukan beberapa hal ini. Siapa tahu dengan melakukan hal-hal ini, masalah burn out bisa segera teratasi dan kita bisa kembali semangat bekerja.

1. Luangkan waktu menyendiri

Coba luangkan waktu istirahat yang benar-benar bisa membuat kita menyendiri. Terkadang kita hanya butuh waktu untuk sendiri untuk kembali menenangkan pikiran. Bisa dengan jalan-jalan sendiri atau sekadar nonton film favorit di rumah sendiri. Jernihkan pikiran untuk bisa kembali bersemangat kerja.

2. Ubah sebuah kebiasaan

Kalau akhir-akhir ini sering datang telat ke kantor, coba buat komitmen baru untuk datang lebih pagi. Atau ubah satu kebiasaan menjadi kebiasaan yang lebih baru atau positif. Terkadang kita hanya perlu sebuah variasi untuk membuat hari-hari yang dijalani lebih menyenangkan.

3. Berlibur

Yup, mungkin ini memang saatnya kita untuk ambil cuti dan berlibur. Berlibur bisa jadi obat paling ampuh untuk menjaga kondisi tubuh dan pikiran kembali segar. Tak harus liburan yang jauh, mengunjungi tempat-tempat baru di dalam kota sendiri pun sudah bisa bantu menjernihkan pikiran.

4. Pelajari hal baru di luar pekerjaan

Mungkin hilangnya semangat yang kita rasakan ini karena rasa bosan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memelajari hal baru di luar pekerjaan. Bisa menekuni hobi baru atau mencoba meningkatkan kecakapan atau kemampuan di bidang lain. Siapa tahu dari sini bisa dapat tawaran pekerjaan atau project baru yang dapat dijadikan tambahan penghasilan atau pemasukan.

5. Buat jurnal harian

Siapkan buku atau jurnal khusus untuk mencatat semua kegiatan harian. Dengan jurnal tersebut kita bisa menuliskan jadwal harian. Dengan memiliki jadwal ini, kita bisa membuat hari-hari yang kita jalani lebih terarah. Biar makin semangat, kita juga bisa memberi reward atau hadiah untuk diri sendiri setiap kali berhasil menyelesaikan target atau mematuhi jadwal yang sudah kita buat.

Kehilangan semangat bekerja bisa disebabkan oleh berbagai hal. Jika pilihan resign belum memungkinkan untuk dilakukan saat ini, melakukan hal-hal di atas bisa jadi alternatif yang lebih mudah dilakukan.

 

What's On Fimela
Loading