Sukses

Lifestyle

Wanita Lebih 'Lebay' di Facebook, Benarkah?

Facebook adalah salah satu situs sosial media yang sangat populer. Di Indonesia sendiri, pengguna Facebook sudah mencapai jutaan. Beberapa penelitian tentang Facebook ternyata bisa mengungkap kepribadian seseorang atau kelompok. Status, kata-kata dan foto yang diunggah ke Facebook mampu memberikan arti tersembunyi tentang seseorang.

Banyak juga wanita yang menggunakan Facebook untuk sekedar mengobrol dengan teman atau seperti yang sedang tren saat ini yaitu berbisnis online. Tren online shopping ini mulai menjamur seiring dengan berkembangnya pengguna Facebook.

Dilansir oleh Merdeka.com (03/10), sebuah penelitian tentang Facebook kembali dilakukan oleh dua universitas besar yaitu University of Cambridge dan University of Pennsylvania. Para peneliti tertarik dengan status Facebook yang dibuat oleh penggunanya dan mencoba menggali makna di balik itu. Penelitian ini melihat adanya perbedaan sifat antara wanita dan pria dalam jejaring sosialnya.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah fakta bahwa kebanyakan pengguna pria memang suka sekali mengeluarkan kata-kata kotor di Facebook meskipun mereka tidak dalam keadaan harus mengumpat. Sebagai contoh, untuk menunjukkan sesuatu yang hebat pria sering mengumpat untuk menunjukkan kekagumannya. Sedangkan kebanyakan pengguna wanita lebih suka berbicara mengenai shopping atau kegiatan berbelanja. Pembicaraan wanita di Facebook kebanyakan berputar pada shopping, baju, rambut, dan liburan, sedangkan pria lebih suka membicarakan games, olahraga, perang, dan tentunya wanita.

Dalam kehidupan percintaan, pria juga diketahui terlihat lebih posessif daripada wanita dalam Facebook. Pria sering menggunakan istilah pacarku dan istriku, sementara wanita lebih suka menggunakan istilah pacar atau suami saja. Namun begitu, saat wanita terlihat posesif, seringkali mereka melakukannya secara berlebihan. Ketimbang hanya menggunakan istilah pacarku saja, wanita lebih suka menggunakan pacarku yang hebat, pacarku yang tampan, dan sebagainya.

Data ini sendiri didapatkan para peneliti setelah menganalisis sekitar 700 juta kata. Tapi angka seperti ini sendiri dinilai sangat sedikit mengingat ada miliaran kata yang keluar di Facebook tiap detiknya. Jadi ladies, sudah update status Anda hari ini?

 

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading