Sukses

Lifestyle

Tips Ampuh Mendekati Karir Yang Cocok Untuk Anda

Memang banyak orang yang sukses di bidang-bidang tertentu. Lalu, pernahkah kemudian Anda berpikir untuk menggeluti bidang yang sama dengan orang sukses tersebut? Anda perlu mengingat bahwa setiap orang dianugerahi kemampuan yang berbeda-beda. Bidang yang sukses digeluti pengusaha-pengusaha itu belum tentu bidang yang cocok untuk Anda. Coba ikuti tips-tips berikut agar Anda bisa menemukan satu bidang yang paling pas.

Dilansir dari situs WikiHow, berikut adalah langkah dalam menemukan bidang yang paling cocok dengan diri dan kemampuan And. Dengan menemukannya, Anda akan benar-benar menikmati apa yang Anda kerjakan.

Cari apa kesukaan Anda

Banyak orang yang bercermin dari kesuksesan orang lain. Hal itu baik jika Anda mengikuti semangatnya. Namun jangan terjebak untuk mengikuti bidang yang sama jika Anda tidak memiliki minat di dalamnya. Selain itu, mungkin Anda pernah merasa iri dengan kemampuan teman Anda yang pandai bernyanyi. Tapi anda memiliki keistimewaan dan kemampuan yang lain yang harus digali dan akan mengantar Anda pada kesuksesan.

Cari tahu pekerjaan yang cocok dengan kesukaan Anda tersebut

Jika Anda telah menemukan hal yang Anda senangi, coba buat daftar pekerjaan yang berkaitan dengan hal itu. Seandainya Anda sangat senang dengan binatang, coba cari pekerjaan seperti pelatih hewan di kebun binatang atau tempat sirkus, pembawa acara tentang hewan-hewan dan sebagainya. Dengan begitu apa yang Anda sukai dan pekerjaan Anda telah cocok.

Lebarkan sayap Anda

Setiap pekerjaan bukanlah satu hal yang tidak bergantung atau berhubungan dengan hal lain. Setiap pekerjaan merupakan sebuah rangkaian dari beberapa macam keterampilan atau skill. Jika Anda sudah bisa menemukan hal yang cocok untuk Anda, pelajari lebih lanjut cabang-cabang dari pekerjaan itu. Misalnya Anda menyukai dunia desain gambar, Anda bisa menggeluti fotografi, seni lukis, perfilman atau segala yang berkaitan dengan hal-hal visual.

Cari cabang dari pekerjaan Anda

Seorang guru tidak mungkin hanya memiliki kemampuan untuk mengajar. Begitu pula dengan Anda, Anda pasti memiliki kemampuan atau keterampilan lebih dari satu, hal itulah yang harus dimanfaatkan. Gunakan segala kemampuan Anda untuk menghasilkan karya dan mungkin suatu saat bisa memberikan penghasilan.

Perkaya keterampilan Anda dengan banyak belajar

Jika Anda telah mencintai suatu bidang, Anda akan melakukannya dengan senang hati. Manfaatkan hal tersebut untuk belajar lebih mendalam dan detail tentang bidang yang Anda ingin geluti tersebut. Kini telah tersedia berbagai media untuk mempermudah Anda menambah wawasan, terutama dalam bidang Anda seperti internet serta perpustakaan.

Mencari kenalan yang berpengalaman di bidang yang sama

Bergaul dengan orang-orang yang telah senior di bidang yang juga Anda sukai akan sangat membantu Anda mempercepat langkah. Selain itu, Anda tidak akan bosan karena Anda pasti akan mendengarkan yang disampaikan olehnya dengan perasaan senang. Jika Anda beruntung, Anda mungkin bisa membuat sebuah kerja sama dengannya dan mendapat pengalaman tak terlupakan.

Evaluasi bidang pilihan Anda

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba untuk mengevaluasi bidang tersebut untuk ke depannya. Pikirkan apakah hal tersebut bisa Anda lanjutkan dan tidak akan mengubah kehidupan Anda menjadi lebih berat. Jika hal tersebut Anda temukan, sebaiknya Anda mencoba mencari alternatif bidang lain yang lebih kecil risikonya.

Ikuti kursus atau pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan

Jangan ragu untuk mengikuti kursus untuk memperdalam kemahiran Anda. Selain itu, jika ada tawaran pekerjaan dalam bidang tersebut, meskipun hanya sementara, coba untuk mengambilnya. Sesingkat atau sekecil apapun pekerjaan itu, pasti akan menambah pengalaman dan keterampilan Anda.

Yang paling penting, keep positive

Setelah Anda siap terjun langsung pada dunia karir impian Anda, bersiaplah untuk segala macam kemungkinan. Untuk menuju sukses, akan banyak hambatan yang akan membawa Anda jauh dari zona nyaman Anda. Berusahalah untuk terus berpikir positif agar Anda bisa sampai pada kesuksesan.

Jika Anda telah menemukan dunia Anda sendiri, dunia yang Anda cinta, tidak mustahil Anda akan meraih kesuksesan. Sebuah kutipan mengatakan “orang pandai tidak akan bisa mengalahkan orang yang rajin, tapi orang rajin tidak akan bisa mengalahkan orang yang melakukan sesuatu dengan senang hati”. Jadi, lakukan hal yang Anda bisa dan senangi.

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading