Sukses

Lifestyle

Ternyata Pria Juga Mengalami PMS, Ini Kata Para Ahli

Siapa bilang PMS hanya milik wanita saja? Penelitian bilang, PMS juga pernah dialami pria.

PMS yang dialami oleh pria dan wanita tentu saja berbeda. PMS atau pre menstrual syndrome, bagi wanita adalah kondisi perubahan mood dan perasaan ketika menjelang masa haid. Sedangkan pada pria disebut dengan IMS atau Irritable Syndrome Male.

Dilansir Seventeen.com, IMS bisa menyerang pria ketika peria mengalami penurunan hormon testosteron. IMS ini bahkan bisa terjadi kapan saja. Secara umum kadar testosteron cenderung mencapai titik tertinggi di pagi hari, naik turun di siang hari, dan kemudian menurun.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kadar testosteron ini menurun, di antaranya adalah stres dan diet yang tidak sehat.

Uniknya, IMS dan PMS ini memiliki kemiripan, yaitu penurunan mood dan menyebabkan kemurungan pada pria. Urusan psikis dan emosional yang terkait dengan PMS, dialami oleh pria juga ketika mengalami IMS. Selain itu, ketika mengalami IMS pria akan menjadi super cemas, mudah depresi dan pesimis.

Apa yang harus Anda lakukan ketika kekasih mengalami IMS?

Berbicaralah dengan kekasih Anda dan ajaklah ia melakukan kegiatan positif yang menyenangkan. Sama halnya seperti ketika Anda mengalami PMS, kenyamanan melalui perhatian akan jauh lebih membantu untuk menenangkan perasaan.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading