Sukses

Lifestyle

Tips Mengatasi Beda Budaya Saat Tinggal di Negara Lain

Anda mungkin berencana pergi ke luar negeri untuk menuntut ilmu, bekerja atau bahkan berniat tinggal untuk waktu yang cukup lama di sana. Ingat akan pepatah lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya? pepatah ini berarti bahwa setiap tempat memiliki adat dan budaya berbeda dengan tempat yang lain. Anda mungkin akan mengalami culture shock karena perbedaan budaya yang bisa jadi sangat jauh berbeda dengan budaya di negara kita. Nah, berikut ini adalah tips dari iml.jou.ufl.edu yang bisa Anda lakukan.

Beberapa cara terbaik untuk meminimalisir dan mengatasi culture shock adalah dengan membaca dan mencari informasi sebanyak-banyaknya  tentang tempat di mana Anda akan tinggal dan hal-hal yang Anda akan lakukan di sana. Bertanya kepada orang yang sudah pernah pergi atau tinggal di negara tersebut juga bisa menjadi salah satu solusi.

Anda juga harus selalu berpikiran terbuka karena salah paham akan sering sekali terjadi dikarenakan perbedaan budaya yang ada. Cobalah menjalin hubungan baik dengan penduduk sekitar. Mereka akan dengan senang hati memperkenalkan dan mengajari Anda banyak hal baru.

Temukan cara untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman di rumah. Anda terkadang akan perlu berbicara dan berbagi cerita dengan seseorang yang sepenuhnya memahami siapa Anda. Tetap berhubungan juga membuat proses pulang ke rumah jauh lebih mudah.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading