Sukses

Lifestyle

Ternyata Berhemat Itu Tidak Susah, Lho! Ini Buktinya!

Sepertinya baru kemarin gajian, kenapa sekarang uang sudah mau habis? Apakah Anda pernah mengalami hal seperti itu juga?

Mengatur keuangan tidak seharusnya menjadi beban. Ada banyak cara mudah, praktis, bahkan unik untuk mengatur keuangan, lho. TheSimpleDollar.com memberikan sejumlah tips yang wajib Anda coba.

1. Buat Daftar Belanja
Pergi belanja tanpa daftar belanjaan di tangan Anda sering membuat Anda hilang kontrol dalam berbelanja. Buat daftar belanja tentang barang-barang apa saja yang paling Anda butuhkan. Jangan sampai Anda membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan.

2. Masak Sendiri di Rumah
Memasak sendiri di rumah akan membuat Anda lebih kreatif sekaligus menghemat uang. Apakah ribet? Tentu saja tidak! Ada banyak resep mudah yang bisa Anda praktikkan. Selain itu, Anda bisa mengatur sendiri kandungan makanan yang Anda makan dan memilih bahan-bahan yang sehat.

3. Sembunyikan Kartu Kredit Anda
Kumpulkan semua kartu kredit Anda dan masukkan ke dalam satu tempat. Ketika Anda akan pergi berbelanja atau membeli kebutuhan, pastikan Anda membawa uang secukupnya saja.

4. Matikan Televisi
Selain menghemat listrik dan bisa mengurangi biaya listrik Anda, mematikan televisi sangat juga bisa menjauhkan Anda dari segala macam godaan iklan dan promo yang ada. Mungkin Anda tidak harus sepenuhnya mematikan televisi seharian penuh, cukup nyalakan televisi untuk menonton acara-acara yang bermanfaat.

5. Buat "Tantangan 30 Hari"
Tantangan 30 hari? Apa maksudnya? Jadi begini, jika Anda menginginkan sesuatu yang sebenarnya tidak benar-benar Anda butuhkan, Anda harus menunggu selama 30 hari. Setelah 30 hari, Anda baru memutuskan apakah akan membeli barang tersebut atau tidak.

6. Minum Banyak Air Putih
Sebelum makan, minum setidaknya satu gelas air putih. Dengan begitu, sistem pencernaan Anda bukan hanya akan bekerja lebih mudah tetapi juga bisa membuat Anda merasa cepat kenyang dan tidak tergoda untuk makan camilan lagi. Tidak membeli camilan sama dengan tidak mengeluarkan uang ekstra, bukan?

7. Matikan Lampu Jika Tidak Digunakan
Hanya butuh waktu satu detik saja untuk mematikan lampu ruangan atau rumah Anda ketika Anda akan pergi. Melakukan hal yang sederhana bisa memiliki dampak yang luar biasa untuk penghematan energi.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading