Sukses

Lifestyle

Tips Agar Tidak Ditipu Saat Mencari Kerja

Bagi Anda yang baru lulus atau sedang mencari pekerjaan, ada banyak lowongan yang bisa dipilih sesuai bidang yang Anda miliki. Mencari kerja memang tidak mudah, ada banyak pesaing yang harus Anda kalahkan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah banyaknya penipuan yang dialami oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan.

Penipuan ini biasanya meminta korban menyerahkan sejumlah uang agar diterima atau sebagai syarat awal bekerja. Ada juga yang ditipu posisi pekerjaan, di lowongan tertulis bagian staff finance, tetapi saat sudah bekerja dijadikan tim sales.

Agar Anda tidak tertipu dengan aksi seperti di atas, inilah tips yang bisa Anda terapkan.

1. Pastikan Perusahaan Itu Memang Ada

Cari informasi di internet tentang pekerjaan yang akan Anda lamar. Pelajari perusahaan tersebut, bergerak di bidang apa, dan carilah berita-beritanya, siapa tahu ada rekam jejak yang negatif tentang perusahaan tersebut, sehingga dapat Anda pertimbangkan. Jangan sampai Anda melamar di perusahaan fiktif.

2. Pastikan Anda Melamar di Kantor Yang Benar

Ada banyak penipuan memakai nama perusahaan-perusahaan besar. Biasanya mereka tampak meyakinkan karena memakai seragam yang mirip dengan perusahaan tersebut. Namun hati-hati, carilah alamat kantor di website resmi, apakah kantor yang akan melakukan wawancara dengan Anda memang kantor resmi. Perhatikan juga kantor itu, karena kantor resmi selalu memasang papan nama di luar kantornya.

3. Jangan Mau Bila Diminta Membayar

Hati-hati jika ada kantor yang ingin Anda membayar sejumlah uang sebagai syarat diterima bekerja. Biasanya hal ini hanyalah penipuan semata atau menjuruskan Anda pada sistem pekerjaan yang berbentuk membayar sebagai anggota, misalnya MLM. Jika Anda tidak bersedia dan curiga, sebaiknya jangan berikan uang dalam bentuk apapun.

4. Keluarlah Jika Posisi Yang Anda Jalani Tak Sesuai Kesepakatan

Jika saat bekerja ternyata posisi Anda berbeda dengan apa yang ditawarkan di lowongan pekerjaan atau berbeda dengan kesepakatan saat wawancara, segera ajukan pengunduran diri. Kantor yang benar adalah kantor yang menempatkan pegawainya di posisi yang sama dengan kesepakatan awal.

Semoga tips ini bermanfaat.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading