Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Fillet Ikan

Tidak semua penjual ikan di pasar tradisional bisa meladeni semua keinginan Anda, termasuk memberikan fillet ikan yang Anda butuhkan.

Sebenarnya justru ini keuntungan Anda. Anda bisa memilih ikan yang paling segar, membawanya pulang ke rumah, mencucinya bersih dan memotong fillet sendiri.

Rahasia mendapatkan fillet ikan segar adalah dengan pisau yang tajam, sehingga potongannya bisa tipis dan rapi. Namun jangan terburu membuang kepalanya ya, cara memfillet ikan yang benar seperti dilansir Saveur berikut ini:

1. Cuci bersih ikan dan buang sisiknya jika ada.

2. Dari bagian ekor, fillet dan tarik ke atas ke bagian kepala. Pastikan pisau menyentuh tulang ikan sehingga seluruh bagian daging terangkat.

3. Kini, lakukan di sisi lain sehingga daging ikan juga terlepas dari tulangnya.

4. Periksa kembali setiap sisi, buang sisa tulang ikan dan duri kecil yang masih terselip.

5. Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu di dalam wadah tertutup jika tidak ingin segera digunakan. Tambahkan potongan jeruk nipis di dalam wadah sehingga ikan tetap segar.

Cara menyimpan ikan:

Setelah disimpan di wadah tertutup, Anda bisa menyimpan ikan di dalam chiller jika akan digunakan keesokan harinya. Namun bila Anda ingin membuat usianya lebih lama, simpan di dalam freezer.

 

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading