Sukses

Lifestyle

Tips Aman Memasak Dengan Alat Masak Berbahan Teflon

Alat masak berbahan teflon sudah populer digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu. Selain tidak lengket, mencucinya juga sangat mudah. Jarang sekali ada teflon yang meninggalkan noda gosong seperti alat masak berbahan lainnya.

Namun, sekalipun memiliki kelebihan, alat masak berbahan teflon juga punya kekurangan. Bahan teflonnya mengandung racun yang berbahaya bila salah penggunaannya. Dilansir ewg.org ketahui terlebih dahulu bahaya salah menggunakan teflon berikut ini.

Bahan lapisan teflon

Alat masak teflon dilapisi bahan yang disebut PTFE atau polytetrafluoroetheylene yang disebut juga teflon. Ketika dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi, bahan ini dapat mengeluarkan racun yang berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian pada hewan. Sedangkan pada manusia, umumnya menyebabkan demam yang kemudian populer disebut dengan Teflon Flu.

Setiap pabrik kemudian diminta menyertakan tips pemakaian dan mengingatkan konsumen agar tidak menggunakan panas yang terlalu tinggi saat memasak menggunakan teflon.

Bahaya lainnya

Lapisan teflon ini apabila terkelupas juga dapat menyebabkan bahaya lain saat tidak sengaja dikonsumsi tubuh, antara lain keguguran, berat badan bayi kurang, kelebihan kolesterol, hormon yang tidak seimbang, peradangan liver dan juga penurunan metabolisme tubuh.

Untuk mencegah hal yang satu ini, saat mencuci dilarang menggosok dengan benda tajam atau dengan alat gosok yang dapat menyebabkan lapisan teflon mengelupas.

Agar memasak menggunakan bahan teflon tetap aman, ikuti beberapa trik berikut ya.

  • Hindari memanaskan alat masak berbahan teflon dengan suhu terlalu tinggi
  • Hindari memasukkan alat masak berbahan teflon ke dalam oven dengan suhu lebih dari 500 derajat celcius
  • Gunakan kipas penyedot asap di dapur ketika memasak dengan menggunakan alat masak berbahan teflon
  • Hindarkan hewan piaraan, khususnya burung ketika memasak menggunakan alat masak berbahan teflon
  • Cuci alat masak berbahan teflon dengan busa pencuci yang halus, jangan digosok dengan abu yang dapat menyebabkan alat masak tergores
  • Gunakan alat masak pendukung berbahan kayu atau bahan yang ramah untuk teflon seperti sutil kayu, centong kayu, dan lain sebagainya

Dengan mengikuti petunjuk pemakaian, pencucian dan perawatan, alat masak berbahan teflon dapat membantu Anda menyajikan aneka makanan yang lezat kok. Oleh karena itu, selalu baca petunjuk pemakaian terlebih dahulu ya.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading