Sukses

Lifestyle

5 Cara Berbicara Ini Membuatmu Terkesan Cerdas dan Profesional

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa kesempatan, akan ada saat di mana kamu diminta untuk berbicara, berpendapat atau menjelaskan sesuatu, baik dalam konteks serius atau tidak. Apa pun kesempatannya, tentu kamu ingin didengar dan dihargai, atau mungkin dianggap serius.

Banyak orang memiliki kebiasaan berbicara terlalu santai untuk hal-hal yang serius sehingga tidak terkesan cerdas dan profesional. Agar memiliki kesan seperti itu, ternyata ada cara bicara khusus yang perlu dipelajari. Ini cara bicara yang akan membuatmu terkesan cerdas dan profesional.

1. Berbicara dengan suara lebih dalam

Cobalah menggunakan suara dalam atau nada rendah saat berbicara sehingga apa yang kamu ucapkan atau bicarakan terdengar lebih serius dan meyakinkan. Ketika seseorang berbicara dengan suara dalam atau nada rendah, maka akan memberikan kesan bersungguh-sungguh, ingin didengar dan dihargai. Akan secara alami, orang yang kamu ajak bicara akan memfokuskan pandangan dan perhatian. Namun hati-hati dalam berbicara dengan suara seperti ini, jangan menggunakan emosi, karena nanti kesannya seakan marah.

2. Pengucapan lantang, tegas dan jelas

Terlalu bersemangat akan membuatmu cenderung berbicara lebih cepat. Ini mengakibatkan kalimat yang kamu ucapkan jadi tidak jelas sehingga pesan atau inti pembicaraan tidak tersampaikan dengan baik. Bicara terlalu cepat, apalagi dengan suara yang pelan, akan memperparah keadaan. Orang-orang akan memandangmu bingung sekaligus menganggapmu tidak kompeten. Aturlah tempo bicara dan gunakan suara lantang sebelum berbicara sehingga orang memerhatikan dan pesan tersampaikan.

3. Pilihan kata yang tepat dan berisi

Hindari menggunakan terlalu banyak kata yang tidak perlu. Buatlah setiap kata yang keluar dari mulutmu sebagai kata penting sehingga pendengar tidak akan kehilangan fokusnya. Belajar lebih banyak lagi sehingga kamu bisa memahami apa yang harus dikatakan, tidak sering memberi jeda, apalagi sampai lupa apa yang selanjutnya harus dikatakan. Penting sekali menggunakan istilah-istilah sulit tapi tepat sasaran dan penggunaan sehingga menambah nilai kecerdasan dan profesionalitas.

4. Jangan membuat pertanyaan pada pernyataan

Saat kamu berpendapat, memberi jawaban atau pernyataan, jangan membuat seolah-olah kamu membuat pertanyaan. Hindari sebisa mungkin nada bertanya di akhir kalimat karena itu memberi kesan ketidakyakinan atau keraguan. Ketika kamu sendiri tak yakin dengan opinimu, maka akan mudah menganggapmu angin lalu, alias tidak penting. Berpendapatlah dengan kalimat pernyataan yang tegas dan penuh percaya diri. Hindari juga sering menggunakan kata-kata yang menunjukkan keraguan seperti "mungkin", "bisa jadi", "kalau tidak salah" dan semacamnya.

5. Jangan merendahkan orang lain

Menyindir atau merendahkan orang lain dalam berpendapat juga tidak akan membuat Anda terlihat cerdas dan profesional. Orang cerdas akan menunjukkan kebijaksanaan dalam berpendapat, salah satunya menghargai pendapat orang lain. Hal ini justru akan membuat orang-orang di sekitarmu kehilangan respek padamu. Fokus saja pada pendapatmu tanpa menyinggung pihak lain, kecuali kamu memang dalam forum debat. Berbicaralah dengan lawan bicara secara setara.

Itu dia sekian cara bicara yang akan membuatmu terkesan cerdas dan profesional.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading