Sukses

Lifestyle

Passion Project, Cara Menyenangkan Melepaskan Diri Dari Himpitan Pekerjaan Sehari-Hari

Oleh: Winda Carmelita

Ada yang bilang, dalam hidup bekerja adalah masalah untuk memenuhi kebutuhan finansial. Tetapi sebagai orang berprinsip, bekerja tak sesimpel itu. Bekerja tanpa passion (gairah) ibaratnya adalah seperti membawa tubuh tanpa nyawa kemanapun kita pergi.

Sekalipun saat ini Anda bekerja pada pekerjaan yang tak sepenuhnya menjadi gairah hidup Anda, tak ada salahnya berusaha mencari proyek lain yang membuat Anda puas sekalipun hasilnya tak sebesar pekerjaan tetap Anda. Hal ini lazim disebut Passion Project. Passion Project adalah sesuatu yang dikerjakan (biasanya di luar jalur karir) yang memberikan kepuasaan dan kebahagiaan. Proyek sampingan ini dikerjakan tanpa melupakan tugas utama di pekerjaan tetap, lho.

Apa sih untungnya melakukan Passion Project ini?

Kadar Stress Menurun

Kortisol dan hormon stress akan terus-menerut ada dalam tubuh Anda berkat deadline, tagihan, kemacetan lalu lintas dan lain-lain. Salah satu cara terbaik untuk 'menghentikan' terpaannya adalah terlibat dalam aktivitas sampingan yang menyenangkan, misalnya musik, olahraga, seni atau travelling. Bagi banyak orang, hal ini efektif untuk memperbaiki ketidakseimbangan hidup akibat tumpukan pekerjaan sehari-hari.

Memperbaiki Suasana Hati

Endorfin (atau dikenal sebagai morfin alami tubuh) yang dilepaskan ketika Anda mengerjakan hal yang Anda sukai, memberikan suasana hati yang lebih baik. Bayangkan jika selepas pulang kerja nanti, teman-teman sudah menanti Anda di studio musik dan Anda akan menghabiskan 2 jam memainkan komposisi musisi favorit. Wuih, dijamin lebih bersemangat!

Menemukan Bakat Anda

Setiap orang memiliki bakat dan kekuatan. Kadang-kadang kita mulai melupakan apa yang menjadi kesenangan kita seiring dengan makin banyaknya tanggungan pekerjaan. Mengapa tidak memunculkan kembali bakat Anda sebagai sarana terapi yang murah dan menyenangkan?

Sebagai Alternatif Karir

Tak mungkin menggantungkan diri pada satu pekerjaan yang tak Anda nikmati seumur hidup. Menjalani pekerjaan yang menjadi passion Anda adalah salah satu jawaban untuk karir Anda ke depan.

Alasan Bangun di Pagi Hari

Menjalani hal yang menyenangkan adalah alasan Anda bangun pagi hari dan menjalani hidup yang lebih 'hidup'. Sederhananya, gairah akan membuat hidup kita terasa lebih berarti.

Jadi, siapkah Anda memulai Passion Project Anda hari ini dan membuat hidup Anda menjadi lebih berarti?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading