Sukses

Lifestyle

7 Kebiasaan Yang Meningkatkan Kreativitas Anda

Agar tidak jenuh bekerja, Anda perlu sesuatu yang baru. Cara Anda mendapatkan sesuatu yang baru tanpa meninggalkan kualitas kerja Anda adalah bentuk kreativitas. Kalau hal tersebut juga bisa mempengaruhi rekan kerja dan tim Anda menjadi lebih baik, maka ini adalah kreativitas yang bermanfaat. 

Bagaimana caranya menjadi orang kreatif? Yang Anda perlukan adalah kemauan keras dan antusiasme dalam hidup. Selanjutnya Anda perlu menemukan tujuan hidup dan menjalankan beberapa hal ini. 

    Matikan Komputer Anda

    Hal yang membuat orang sekarang tidak kreatif adalah terjebak di depan layar terpa mereka untuk waktu yang lama. Anda membuang waktu meski kelihatannya memperoleh informasi secara aktif. Cobalah matikan komputer Anda dan lakukan sesuatu untuk menerapkan apa yang sudah Anda dapatkan. Dengan demikian Anda akan terlatih untuk membuat sesuatu, tidak hanya merancangnya dalam pikiran Anda sendiri saja.

    Menulis

    Ada dua macam tulisan yang harus Anda miliki. Pertama adalah tulisan tentang ide dan perasaan Anda. Yang kedua adalah tulisan tentang planing dan apa yang sudah Anda lakukan. Orang yang menulis, lebih sehat kondisi mentalnya dan cenderung punya motivasi untuk merealisasikan ide mereka.

    Istirahat

    Orang kreatif dan punya passion bukan cuma orang yang terus menerus beraktivitas dan berpikir. Mereka punya waktu yang cukup untuk istirahat dan tahu kapan waktunya untuk berhenti. Memaksakan kondisi terlalu sering sama dengan memforsir diri kita dan hal itu bisa menimbulkan kejenuhan atau overworking.

    Jangan Takut Melakukan Kesalahan

    Jangan pernah takut ketika Anda gagal, rencana tak berjalan seperti sebagaimana mestinya dan sebagainya. Setidaknya ketika Anda gagal, Anda pernah mencoba, belajar dari kesalahan dan bisa lebih baik di masa mendatang. Tak pernah mencoba malah akan membuat Anda mati gaya.

    Break The Rules

    Bukan berarti Anda harus menjadi pelanggar peraturan. Kalau Anda memang melihat kemungkinan baik dengan melepaskan diri dari ikatan peraturan atau norma, maka Anda berhak melakukannya. Pastikan Anda sudah mempertimbangkannya dengan matang. Kalau Anda gagal, semua ada konsekwensinya dan jangan takut untuk mencoba lagi.

    Have Fun

    Jangan terlalu serius. Sesekali lepaskanlah jengah dengan menjadikan apa yang Anda lakukan itu menyenangkan. Misalnya saat kerja tim, Anda membuat sebuah games yang memicu semangat tim Anda. Hal itu akan sangat bersemangat mendongkrak mood yang sangat Anda butuhkan.

    Selesaikan Apa Yang Anda Mulai

    Jangan lupa, setelah Anda mencoba sebuah ide, jangan menyerah atau berhenti dengan ide itu. Jangan terlalu nyaman dengan sebuah pencapaian karena masih banyak kreativitas yang bisa Anda temukan dengan mengembangkannya. Tapi, fokus untuk menekuni dan menyelesaikan apapun yang Anda buat. Dengan demikian ide Anda tak hanya tercapai setengah-setengah.

Be creative. Bukalah mata Anda dengan melihat blog atau web-web kreatif atau inspiratif. Achieve your dream and never give up to make it real. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading