Sukses

Lifestyle

Tips Tetap Semangat dan Produktif di Kantor Walau Sedang Puasa

Bagi sahabat Vemale yang sedang menjalankan ibadah puasa, tentunya ada hal yang berbeda dalam waktu sebulan ini. Biasanya kantor memberlakukan jam kerja yang lebih pendek. Kadang, rasa mengantuk dan malas lebih sering datang dan menjadi cobaan tersendiri.

Puasa itu wajib, menyelesaikan pekerjaan dan produktif selama bulan Ramadan juga harus. Maka tidak ada alasan untuk bermalas-malasan di kantor dengan alasan puasa. Dilansir oleh Huffingtonpost.com, inilah tips agar tetap produktif selama puasa.

    Perhatikan Makanan Saat Sahur

    Seringkali seseorang lapar di siang hari dan membuat konsentrasi kerja buyar. Maka perhatikan makanan yang Anda konsumsi saat makan sahur. Usahakan memilih makanan yang Anda masak sendiri, bukan makanan instan. Makanan seperti sayuran, telur, daging ayam dan buah segar dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu, makanan-makanan tersebut akan memberi nutrisi yang cukup hingga waktu berbuka.

    Cukupi Kebutuhan Air Putih

    Kurang cairan dapat membuat seseorang kehilangan konsentrasi, ini juga merupakan satu poin yang membuat pekerjaan di kantor berantakan. Karena itu, cukupi kebutuhan air saat sahur dan berbuka puasa. Akan lebih bagus jika Anda mengonsumsi air putih atau jus buah buatan sendiri. Mengonsumsi buah kaya air juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama puasa.

    Istirahat Cukup

    Ibadah adalah hal yang dikejar saat bulan Ramadan tiba. Tidak heran jika seseorang kurang tidur karena banyak ibadah yang dilakukan saat malam hari. Boleh saja Anda beribadah, itu bagus. Namun perhatikan juga kondisi tubuh Anda. Pintar-pintarlah mengambil waktu luang untuk beristirahat. Dengan tidur dan istirahat cukup, ibadah Anda akan semakin lancar, termasuk tugas-tugas di kantor. Tapi jangan tidur di jam kerja ya!

    Jangan Menunda Pekerjaan

    Rasa malas dan mengantuk kadang menjadi cobaan tersendiri saat puasa. Yang pasti, jangan menunda-nunda pekerjaan Anda. Makin cepat Anda selesaikan di pagi hari, akan lebih baik karena pikiran masih fresh. Anda bisa pulang tepat waktu yang menikmati waktu buka puasa tanpa memikirkan tugas-tugas yang belum selesai.

    Dengarkan Lagi Pembangkit Mood

    Kalaupun masih terasa malas dan tidak bersemangat, ada beberapa cara yang  bisa Anda lakukan, misalnya cuci muka, senam ringan dan sebagainya. Namun cara yang paling mudah adalah mendengarkan lagu yang bisa membangkitkan mood. Ambil headphone Anda dan dengarkan lagu-lagu yang membuat Anda termotivasi untuk menyelesaikan tugas kantor dengan baik.

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas di kantor! Bagaimanapun juga, bekerja adalah salah satu bentuk ibadah. Puasa jalan terus, pekerjaan beres.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading