Sukses

Lifestyle

Haruskah Aku Menerima Tawaran Pekerjaan Baru Ini?

Wah, ada tawaran pekerjaan baru. Hmm, diambil nggak ya? Untuk Anda yang baru lulus, kemungkinan besar Anda akan menerima pekerjaan pertama yang datang kepada Anda. Tetapi ketika Anda sudah mendapatkan pekerjaan, lalu kemudian tiba-tiba datang tawaran pekerjaan yang baru, apakah Anda harus langsung menerima tawaran pekerjaan baru tersebut?

Ryan Kahn, seorang pakar karir, pendiri The Hired Group, dan penulis “Hired! The Guide for the Recent Grad", seperti yang dilansir oleh businessinsider.co.id, menyatakan bahwa pekerjaan adalah sebuah komitmen serius yang meliputi berbagai aspek. "Sebelum Anda berkata 'ya', pastikan Anda telah menyelesaikan tugas-tugas Anda sebelumnya dan sudah merasa yakin dengan keputusan Anda," jelasnya.

Nah, agar tak salah langkah, ada baiknya Anda mempertimbangkan 4 hal ini sebelum menerima tawaran pekerjaan yang baru.

    Apakah Sesuai dengan Nilai-Nilai Personal Anda?

    Pekerjaan yang bisa memberikan kebahagiaan tidak selalu pekerjaan yang bisa memberi Anda gaji yang besar. Ketika mendapat tawaran pekerjaan baru, pertimbangkan dulu apakah pekerjaan tersebut bisa memenuhi nilai-nilai personal dan kepuasan Anda. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah pekerjaan tersebut bisa membantu Anda untuk memaksimalkan potensi besar yang Anda miliki.

    Bagaimana Pendapat Orang Lain?

    Saat sebuah tawaran pekerjaan datang, tak ada salahnya untuk mencari pendapat, masukan, atau saran dari orang lain. Anda bisa coba menanyakan pendapat atau pandangan orang lain terhadap perusahaan yang menawari Anda pekerjaan tersebut. Anda juga bisa tahu apakah perusahaan tersebut bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda dalam karir.

    Bagaimana Kesan Pertama Anda terhadap Lingkungan dan Orang-Orang di Perusahaan Tersebut?

    Lingkungan kerja, atmosfer kantor, dan rekan-rekan kantor juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kenyamanan dan kinerja Anda nantinya. Ya, siapa juga yang bakal betah bekerja lembur setiap hari dengan bos yang super jutek kan ya? Keseimbangan hidup Anda juga pastinya jadi faktor penting dalam keputusan Anda menerima atau menolak tawaran pekerjaan tersebut.

    Apa yang Dikatakan Insting Anda?

    Pasti ada suara kecil dalam batin atau hati Anda ketika sebuah tawaran pekerjaan datang kepada Anda. Coba tanyakan kembali kepada diri Anda apakah sudah ada keyakinan terhadap pekerjaan tersebut. Jika masih ada keraguan, Anda mungkin butuh waktu lagi untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat.

Sebuah tawaran pekerjaan baru memang bisa tampak sangat menggoda. Tapi jangan sampai Anda melakukan kesalahan atau membuat keputusan yang setengah-setengah. Pekerjaan dan kehidupan karier Anda memiliki peran yang besar dalam keseimbangan hidup Anda.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading