Sukses

Lifestyle

Nikmatnya Hidangan Lezat Ala India di Pulau Bali

Mungkin, Anda sudah pernah mencicipi nikmatnya masakan ala India. Yup, hidangan yang terkenal bercita rasa nikmat, pedas, dan tajam yang menjadi makanan khas di India. Ingin tahu seperti apa nikmatnya hidangan India ini? Simak dulu ulasan berikut.

Sekilas tentang hidangan ala India

Terdapat dua jenis hidangan India yang cukup populer di mancanegara yaitu hidangan India Utara dan makanan India Selatan. Pada umumnya, makanan atau minuman ala India merupakan perpaduan antara bumbu dan rempah bercitarasa kuat seperti kapulaga, cengkeh, jintan, ketumbar dan cabai. Sedangkan makanan India utara lebih bersifat seperti hidangan ala Eropa yaitu kental dengan hidangan yang dikombinasikan dengan yogurt, sementara hidangan dari Selatan adalah mengandalkan santan untuk meredakan masakan yang terlalu pedas.

Di Indonesia seperti Bali, menu ala India Utara adalah menu yang paling mudah dijumpai pada beberapa restoran seperti Spices of India yang khusus menyajikan kari namun tidak terlalu pedas, juga hidangan berbasis yogurt yang lembut, sajian tandoori yang dimasak dengan oven dari tanah liat, roti naan yang empuk dan gurih, makanan pencuci mulut dari bahan dasar susu yang berasa manis. Sedangkan restoran India Selatan seperti Annalakshmi khusus menyajikan hidangan thosai vegetarian dan kari pedas yang dikombinasikan dengan tambahan santan kental yang disajikan di atas daun pisang atau thali, terdiri dari aneka sayuran segar, acar, chutney dan roti. Juga dikombinasikan dengan berbagai hidangan laut yang lezat.

Ciri khas masakan India yang menggunakan berbagai jenis rempah-rempah

Sementara itu, salah satu hidangan India yang paling terkenal dan patut anda coba di Pulau Bali ini adalah kari kepala ikan, meskipun masakan ini dalam pengaplikasiannya adalah lebih banyak menggunakan rempah - rempah yang rumit dan lebih sebagai kreasi lokal di mana masakan tersebut dibuat, juga mendapat pengaruh dari hidangan khas Tionghoa. Dengan menelusuri restoran-restoran yang ada di seputar kota atau restoran pada beberapa hotel, Anda akan melihat jenis lain hidangan ala India yang dipadukan dengan makanan lainnya dan bersifat India Muslim seperti roti prata yaitu roti renyah yang digoreng di wajan dan disajikan bersama kari, atau cobalah martabak yang diisi dengan irisan daging ayam atau kambing, bawang goreng dan telur.

Masakan India pada intinya merupakan kombinasi hidangan cukup unik dari beberapa kawasan yang terdapat di benua India. Ciri khas dari masakan ini adalah pemakaian berbagai rempah -rempah khas India, buah dan sayuran yang tumbuh subur di India, dan beberapa jenis hidangan vegetarian dari wilayah lain seperti China atau Tionghoa.

Masakan India adalah cermin keanekaragaman dari iklim, demografi dan agama. Agama dan kebudayaan India memegang peranan besar di dalam perkembangan seni kuliner India ke mancanegara. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan objek wisata kuliner, menjadikan hidangan ala India berkembang dan berinteraksi antar budaya dengan beberapa kawasan yang bertetangga seperti Timur Tengah, Asia Tengah, dan Laut Tengah sehingga menjadikan masakan India adalah percampuran unik dari berbagai hidangan Asia.

Ladies, Anda pasti penasaran kan bagaimana rasa rempah yang kuat dalam hidangan ala India ini. Makanya, saat Anda berwisata di Bali, jangan lupa untuk mengunjungi restoran yang menyajikan hidangan ala India ini.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading