Sukses

Lifestyle

Tips Memilih Dan Mengonsumsi Pepaya

Pepaya memiliki beragam bentuk dan ukuran. Pepaya lokal umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan pepaya dari luar Asia. Buah yang kaya vitamin dan anti oksidan ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa tips dalam memilih dan mengonsumsi pepaya, seperti dilansir about.com.

    Tips memilih pepaya

    Pilihlah pepaya yang berwarna kekuningan. Mungkin nampak beberapa benjolan pada bagian pepaya, tetapi ini normal. Tekan permukaan pepaya dengan jari, pepaya yang baik tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak saat ditekan. Pepaya akan mengeluarkan aroma khas pepaya yang manis. Jika pepaya mengeluarkan aroma manis yang kuat dan terlalu lunak, bisa dipastikan pepaya tersebut sudah terlalu matang atau hampir busuk. Jika Anda membeli pepaya yang masih hijau dan kera, tunggu 1-3 hari sebelum mengonsumsinya. Periksalah bagian ujung pepaya, pastikan tidak ada jamur atau penyakit tumbuh di sana.

    Cara menyimpan

    Jika Anda membeli pepaya yang masih hijau dan kera, tunggu 1-3 hari sebelum mengonsumsinya. Simpan pada suhu kamar agar pepaya cepat masak. Anda juga dapat membungkusnya dengan kertas bersama sebuah pisang agar proses pemasakan lebih cepat.

    Untuk pepaya yang sudah masak sebaiknya dikonsumsi dalam 1-2 hari dan disimpan dalam lemari es.

    Mengonsumsi pepaya

    Pepaya dapat dimakan langsung, di jus, atau dibuat salad. Anda dapat menambahkan perasan jeruk dan gula pada potongan buah untuk menambah rasa.Anda bisa membuang bijinya atau memanfaatkannya sebagai salad dressing dengan diblender. Biji pepaya baik untuk pencernaan Anda.

Hidangkan buah penuh manfaat ini di keluarga Anda, selain lezat, Anda dan keluarga akan mendapat banyak manfaat dari buah tropis ini.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading