Sukses

Lifestyle

Cara Menyimpan Kacang Agar Awet

Kacang adalah salah satu bahan makanan yang dapat digunakan dalam berbagai keperluan. Kacang dapat digunakan sebagai salah satu bumbu masakan, pelengkap dessert, bahkan snack. Tetapi, kacang juga mudah menjadi rusak dan apek jika terlalu lama disimpan dan tidak disimpan dengan benar.


Ikuti instruksi berikut agar kacang tidak mudah rusak dan apek saat disimpan, seperti dilansir ehow.com.

    Keringkan kacang

    Sebelum disimpan, keringkan kacang dengan cara menjemurnya dekat jendela atau tempat yang memiliki sirkulasi yang baik. Simpan dalam ruangan.

    Oven

    Anda juga dapat mengeringkannya dengan cara dioven jika kacang yang Anda miliki dalam jumlah sedikit. Saat kulit tampak krispy dan beberapa kacang terbelah, angkat dari oven dan siap disimpan.

    Pilah

    Buang kacang yang jelek atau rusak. Kacang yang berjamur akan dapat menularkannya ke kacang yang lain. Selain itu kacang yang rusak mungkin mengandung aflatoxin yang dapat menyebabkan penyakit.

    Tempat tertutup

    Simpan kacang yang sudah dikuliti maupun belum dalam wadah tertutup. Jika kacang sudah tidak berkulit, Anda dapat menyimpannya dalam lemari pendingin hingga 3 bulan. Kacang yang masih berkulit dapat bertahan 4-6 bulan dalam lemari es.

    Penyimpanan jangka panjang

    Jika Anda ingin menyimpan kacang dalam waktu yang cukup lama, simpan kacang dalam wadah freezer-safe dan bekukan dalam freezer. Sebaiknya Anda membungkusnya dengan plastik sebelum meletakkannya pada wadah freezer-safe.

Sebaiknya jangan mengonsumsi kacang yang terlalu lama disimpan di suhu ruang atau telah berjamur karena dapat mengancam kesehatan Anda.

 










(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading