Sukses

Lifestyle

Apakah Bekerja di Malam Hari Berdampak Buruk Bagi Tubuh?

Bekerja di rumah sakit, kepolisian, penerbangan, atau pekerjaan yang dituntut ada selama 24 jam lainnya membuat Anda tak bisa menghindari shift yang mewajibkan Anda bekerja di malam hari. Bagi banyak orang, sift malam adalah pekerjaan yang lebih berat dari pada bekerja di pagi dan siang hari. Dan kabarnya, bekerja di malam hari tak baik bagi tubuh Anda, benarkah?

Tubuh akan terbiasa

Saat pertama-tama menjalani sift malam adalah saat terberat. Selanjutnya tubuh yang memiliki kemampuan beradaptasi akan menyesuaikan diri dengan kebiasaan ini. Namun, proses adaptasi berbeda-beda pada setiap orang, ada yang membutuhkan waktu singkat, ada pula yang tak kunjung terbiasa dengan perubahan waktu tidur dan bekerjanya.

Pola makan terganggu

Saat harus bekerja di malam hari, snack dan aneka fast food menjadi teman setia untuk membuat Anda tetap terjaga. Memang, pada saat-saat itu, makanan tidak sehat tersebut menjadi lebih menarik dibanding dengan di siang harinya. Terlebih umumnya restoran fast food lah yang setia untuk buka hingga 24 jam. Jika Anda termasuk pekerja malam, sebaiknya persiapkan makanan dan camilan sehat untuk menemani Anda terjaga agar pola makan tidak berubah menjadi tak sehat.

Tidak cocok bagi semua orang

sebagian orang tak cocok bekerja di malam hari karena tubuhnya tak dapat beradaptasi dengan baik. Jangan dipaksakan jika Anda memang bukan tipe pekerja malam. Pilihlah pekerjaan lain yang sesuai untuk Anda. Namun, bagi sebagian yang lain, bekerja di malam hari bukan merupakan hal yang sulit.

Hormon stres lebih tinggi

Pada pilot yang bekerja di malam hari, ditemukan kadar hormon stres cortisol lebih tinggi dari pada yang bekerja di siang hari. 40% orang mengalami gangguan tidur karena sering bekerja di malam hari. Memang ada 6% gen pada manusia yang tercipta untuk aktif di jam-jam tertentu. Perubahan pola hidup dan istirahat akan mengganggu gen-gen tersebut.

So, Ladies, bagi sebagian orang, sift malam tak menimbulkan masalah bagi tubuh mereka. Namun, masalah mungkin timbul pada orang lainnya, jika Anda termasuk golongan kedua, sebaiknya pilihlah pekerjaan tanpa sift di malam hari.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading