Sukses

Lifestyle

Ciptakan Lingkungan Yang Mendukung Kesehatan Jantung Melalui Gerakan Seribu Suara!

Pola hidup yang tidak sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung kita. Begitu juga dengan lingkungan di mana tempat kita tinggal. Hari Jantung Sedunia dicanangkan oleh WHF (World Heart Federation) pada tahun 2000 untuk memberikan informasi kepada negara serta masyarakat di seluruh dunia bahwa penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya.

Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 29 September dengan tema yang berbeda-beda sesuai issue-issue pokok dan topik yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Tema tahun 2014 adalah: heart-healthy environments (lingkungan yang mendukung kesehatan jantung).

Tema 2014, “heart-healthy environments”, dimaksudkan agar tempat kita hidup atau tinggal, bekerja, dan bermain seharusnya tidak meningkatkan resiko kita mendapat penyakit jantung dan stroke. Tapi seringkali manusia tidak dapat memilih ‘pola hidup jantung-sehat’ karena faktor lingkungan, seperti tidak adanya pilihan makanan yang sehat, tidak adanya ruang-ruang bebas asap rokok, dst.

Untuk memperingati Hari Jantung Sedunia tahun ini, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) mengadakan rangkaian kegiatan dari tanggal 23 September hingga 10 Oktober.

  • Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Mobil Van kesehatan Yayasan Jantung akan berkeliling di wilayah Jabodetabek pada lokasi-lokasi seperti Mall, perkantoran dan area keramaian lainnya. Masyarakat dapat memeriksakan kesehatannya secara gratis dan akan diminta untuk menyatakan dukungannya untuk hidup sehat dengan mengikuti foto booth yang akan diungguah ke media sosial.
  • Aksi tematik di Car Free Day Bundaran HI tgl 28 September 2014. Aksi ini merupakan aksi puncak dari serangkaian acara yang bertujuan mengajak masyarakat luas untuk mencanangkan hidup sehat dan peduli pada lingkungan yang bersih, bebas polusi dan asap rokok. Aksi ini akan diramaikan dengan senam jantung dan long march yang diikuti oleh anggota dari Klub Jantung Remaja dan Klub Jantung Sehat dari Yayasan Jantung Indonesia. Acara dimulai di area jalan Teluk Betung pada jam 6.30 pagi.
  • Long March dari Teluk Betung ke Bundaran HI dan kembali ke Teluk Betung.
  • Gerakan seribu tanda tangan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan jantung kita, di Bundaran HI, jam 8.00 pagi.
  • Talkshow mengenai kesehatan jantung dalam rangka menyambut WHD di televisi.
  • Lomba Lompat Tali Jantung Sehat (LTJS) antar Sekolah Dasar se-DKI Jakarta, tgl 28 September 2014 di GOR Soemantri Brojonegoro, dimulai jam 8.00 pagi. 
  • Peragaan Bantuan Hidup Dasar (BHD/ CPR) di Thamrin City, tgl. 28 Oktober 2014.

Ayo Ladies, kita ciptakan lingkungan yang menopang gaya hidup jantung sehat, di manapun kita tinggal, bekerja, maupun bermain.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading