Sukses

Lifestyle

Walau Gaji Pas-Pasan, Tetap Bisa Menabung Dengan Tips Ini

Oleh: Rohmitriasih

Bagi sebagian dari kita, menabung dapat menjadi perkara yang sulit. Hal ini dapat terjadi karena kita tidak pandai dalam menyeimbangkan pemasukan dengan pengeluaran. Gaji yang pas-pasan sering kali menjadi alasan kenapa seseorang tidak dapat menabung. Ditambah lagi karena bekerja di luar kota, sebagian dari kita harus menyisihkan gaji untuk membayar uang bulanan rumah kos.

Seharusnya, Anda dapat lebih pandai memutar gaji yang diterima setiap bulannya untuk disisihkan sebagian dan ditabung. Meskipun sekarang gaya hidup semakin maju, bukan berarti Anda harus mengikuti tren dan menghabiskan seluruh gaji bulanan untuk belanja kan Ladies? Inilah tips mudah bagi Anda yang ingin  tetap menabung meski gaji pas-pasan.

    Seimbangkan Antara Pemasukan Dan Pengeluaran

    Poin ini menjadi poin penting bagi Anda yang ingin tetap menabung dengan gaji pas-pasan. Hitung secara cermat berapa pemasukan Anda setiap bulannya, dan catat seberapa banyak kebutuhan pengeluaran yang dibutuhkan. Lakukan pengeluaran pada hal-hal yang memang Anda butuhkan dan penting.

    Belanja

    Semua wanita dipastikan menyukai agenda berbelanja. Namun jika Anda tidak mampu mengontrol hasrat berbelanja Anda, jangan heran jika gaji Anda akan cepat habis. Usahakan hanya berbelanja barang-barang yang memang sangat Anda butuhkan. Untuk pakaian, tas dan sepatu,  Anda dapat membelinya dua atau tiga bulan sekali.

    Makanan Dan Minuman

    Untuk makanan dan minuman, Anda dapat memilih yang enak dan sehat namun harganya terjangkau. Usahakan untuk tidak menghabiskan gaji bulanan Anda hanya untuk berburu kuliner. Meskipun Anda menyukai makanan dan minuman yang ada di restoran berbintang, usahakan untuk makan di tempat yang biasa namun terjamin kebersihan dan kesehatannya. Untuk memanjakan diri Anda pada kuliner, Anda dapat meng-agendakan makan di restoran mewah setidaknya satu bulan atau dua minggu sekali.

    Sisihkan Sebagian Gaji Untuk Berbisnis

    Bagi Anda yang bekerja menjadi pegawai, tidak ada salahnya Anda mencoba menambah peruntungan dengan berbisnis. Sisihkan sebagian gaji Anda untuk memulai bisnis. Bisnis dapat dilakukan dengan cara online, misalnya menjual tas, baju atau sepatu melalui sosial media. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, juga perlu Anda manfaatkan dengan merintis bisnis lho guys.

Apabila Anda salah satu wanita yang memiliki gaji pas-pasan, cobalah untuk tidak berkecil hati. Pada dasarnya, Anda masih tetap dapat menabung dengan gaji Anda. Asalkan ada niat yang baik dan kuat untuk menabung, dipastikan suatu saat nanti tabungan Anda akan lebih besar dari orang-orang yang bergaji besar, namun tidak pandai mengelola keuangannya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading