Sukses

Lifestyle

Ingin Lepas Dari Belenggu Pemborosan? Lakukan 4 Hal Ini

Saat baru pertama menerima gaji, rasanya hati berbunga-bunga. Ingin beli ini-itu, ingin investasi ini-itu. Tetapi akhirnya berakhir dengan barang-barang yang menumpuk sementara tak ada sedikitpun yang tersisa di tabungan.

Hal serupa juga terjadi saat kenaikan gaji. Bukannya bisa menyisihkan uang untuk investasi, justru jiwa konsumtif semakin tinggi. Ups, percayakah Anda apa yang dilakukan pusatnya dari pikiran? Ingin berhenti dari belenggu pemborosan? Yuk ubah mindset Anda, seperti yang dilansir oleh allwomenstalk.com berikut ini:

    Anda Yang Memegang Kendali, Bukan Sebaliknya.

    Anda harus mengubah cara pandang terhadap uang. Pahamilah bahwa Andalah yang harus mengendalikan uang, bukan sebaliknya. Ingatlah jika Anda menghambur-hamburkan uang, saat terberat adalah membayarnya dan menghadapi hutang-hutang yang harus dilunasi.

    Anda Tak Perlu Mengubah Gaya Hidup

    Banyak orang terjebak dengan kenaikan gaji yang mengubah gaya hidupnya. Semakin besar uang yang Anda dapatkan, semakin besar pula godaannya. Tak perlu mengubah gaya hidup demi prestise, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

    Sabar Dan Kebutuhan

    Tas seharga Rp. 1 juta bisa Anda bayar dengan kartu kredit saat ini juga. Tetapi apakah Anda yakin dapat melunasinya bulan-bulan berikutnya tanpa mengabaikan kebutuhan mendadak lainnya? Terkadang kesabaran dan menyadari mana kebutuhan mana keinginan memang menantang.

    Buatlah Gambaran Besar Tujuan Anda

    Tak berarti mengkhayal, dengan membuat gambaran besar tujuan Anda menghemat uang dapat memacu Anda untuk berhemat dan berpikir ulang tentang kemana uang-uang Anda akan pergi. Contohnya, dengan menghemat uang Rp. 500 ribu untuk bulan ini, Anda bisa mencicil mobil impian dan juga terbebas dari lilitan hutang kartu kredit. Lega bukan?

Mengubah mindset tak dapat dilakukan hanya dalam semalam. Namun dengan latihan Anda pasti bisa beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru tersebut. Apakah Anda punya tips melepaskan diri dari pemborosan yang pernah dilakukan, Ladies?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading