Sukses

Lifestyle

Sukses Jadi Penulis Lepas? Ini Rahasianya!

Penulis lepas (freelance writer) adalah salah satu jenis pekerjaan yang paling banyak diincar orang. Kerja bebas tanpa terikat jam kantor. Bisa dapat penghasilan dari rumah. Dan nggak perlu repot-repot terjebak macet untuk pergi ke kantor. Membayangkannya saja sudah bikin hati bahagia ya? Eh, tapi tunggu dulu. Jadi penulis lepas itu nggak gampang juga lho.

Selain punya keterampilan menulis yang baik, seorang penulis lepas juga harus punya kemampuan yang lain. Misalnya teknik memasarkan jasa, manajemen waktu, hingga mendapat klien-klien baru. Untuk lebih jelasnya, jangan lewatkan tips-tips sukses jadi penulis lepas di bawah ini.

Tonjolkan Diri dengan Kualitas Tulisan
Ingin mendapatkan klien? Anda harus terlihat dan menonjol. Orang tak akan tahu kemampuan dan keahlian Anda jika Anda tak memperlihatkannya. Buatlah portofolio tulisan yang rapi. Nggak perlu susah-susah, Anda bisa memulainya dengan membuat kumpulan tulisan di blog atau di akun media sosial Anda.

Atau jika Anda ingin fokus menulis untuk media cetak, selalu kirim tulisan Anda sebanyak mungkin. Karena kadang butuh waktu berbulan-bulan untuk menunggu tulisan kita sampai bisa dimuat di media cetak.

Manfaatkan Jejaring Media Sosial
Sebagai pekerja lepas, Anda tak akan mendapat gaji atau upah jika tak mendapat proyek pekerjaan Anda sendiri. Selalu bergerak aktif mencari klien-klien potensial. Manfaatkan jejaring media sosial. Temukan orang-orang yang bisa jadi target pasar Anda. Akun media sosial Anda pun harus dibuat serapi dan seprofesional mungkin. Supaya orang-orang percaya dengan profesionalisme Anda.

Fokuslah pada Bidang Tertentu
Jika ingin dibayar dengan tarif lebih tinggi, cobalah untuk menentukan spesifikasi tulisan Anda. Fokuslah pada bidang tertentu. Misalnya, Anda fokus untuk menulis tentang sosok tokoh atau biografi seseorang. Dengan menetapkan fokus bidang tulisan, Anda akan terlihat lebih mudah diandalkan dibandingkan jika Anda menjadi penulis dengan ragam topik yang terlalu luas.

Profesionalisme Anda pada bidang tertentu juga pastinya akan meningkatkan harga jual jasa Anda. Anda pun tak kesulitan menulis kan? Kuasai satu bidang dan jadilah pakar di dalamnya.

Carilah Rekan Sesama Pekerja Lepas Lainnya
Kenapa harus mencari sesama pekerja lepas lainnya? Salah satu tujuannya adalah agar Anda bisa selalu termotivasi saat bekerja. Dan kalau ada masalah dalam pekerjaan, Anda punya teman untuk diajak mengobrol atau berdiskusi. Siapa tahu juga nanti Anda bisa dapat proyek pekerjaan dari teman Anda juga, ya kan?

Jadi pekerja lepas memang susah-susah gampang. Enaknya sih karena kita bisa jadi bos untuk diri sendiri. Tapi kalau tidak terus mengasah diri dan aktif mencari klien, maka kita akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita. So, are you interested to be a freelance writer, Ladies?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading