Sukses

Lifestyle

Frankie, Anjing Cerdas Bisa Deteksi Kanker Tiroid Pada Manusia

Berbicara mengenai penyakit kanker, siapa sih yang tidak takut dengan keganasan kanker. Bisa dipastikan hampir semua orang di dunia tidak ingin terjangkit kanker. Gejala kanker yang sulit dideteksi, menjadikannya sebagai penyakit ganas dan paling membunuh saat ini.

Tapi tahukah Anda, saat ini ada seekor anjing yang dinyatakan bisa mendeteksi adanya penyakit kanker pada diri seseorang. Bahkan tingkat keakuratannya sebesar 88%.

Dilansir dari laman metro.co.uk, anjing yang tidak hanya lucu dan menggemaskan serta bersahabat tersebut bernama Frankie.  Frankie sendiri adalah anjing German Sherpherd dimana ia adalah anjing terlatih yang bisa mendeteksi kanker tiroid.

Frankie, anjing cerdas bisa deteksi keberadaan kanker | Photo: Copyright metro.co.uk

Mengingat anjing memiliki daya penciuman yang tajam, tidak heran jika anjing Frankie yang sudah terlatih ini juga dengan mudah bisa mendeteksi keberadaan kanker tiroid pada tubuh seseorang. Sebelumnya, Frankie telah dilatih di Unviersity of Arkansas Medical Sciences (UAMS) untuk bisa mendeteksi keberadaan kanker.

Anjing Frankie dilatih untuk berbaring saat mencium adanya kanker tiroid pada seseorang dan memalingkan muka jika seseorang tersebut bersih dari risiko kanker. Dari 34 pasien di University of Arkansas, hanya 2 pasien yang menunjukkan kesalahan deteksi.

88% hasil deteksinya dinyatakan akurat | Photo: Copyright metro.co.uk

Seperti diketahui kanker tiroid merupakan salah satu kanker yang jarang menyerang manusia. Dan kanker ini sendiri dikatakan sangat sulit untuk dideteksi. Biasanya, untuk mendeteksi kanker tiroid, perlu dilakukan tes darah dan juga tes kadar hormon.

Beberapa dokter yang melatih Frankie untuk mendeteksi kanker tiroid mengharapkan bahwa, kemampuan anjing yang bisa mendeteksi kanker akan memudahkan seseorang deteksi kanker sedini mungkin dalam dirinya. Hal ini juga dikatakan bisa menghemat biaya serta mencegah operasi kanker yang tidak mungkin tidak perlu dilakukan.

Frankie dan salah satu tim pelatihnya agar ia bisa mendeteksi kanker tiroid | Photo: Copyright metro.co.uk

Tim peneliti dari University of Arkansas sendiri mengaku tengah berencana untuk bekerja sama dengan para peneliti di Program Auburn University Canine Ilmu Kinerja. Kerja sama tersebut sehubungan dengan pengembangbiakan anjing yang bisa mendeteksi kanker.

Wah, menarik ya Ladies. Semoga cara ini bisa membantu para penderita kanker untuk mendeteksi penyakitnya sedini mungkin dan kanker bisa segera disembuhkan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading