Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Baru Disadari Wanita Ketika Sudah Bekerja

Dunia kerja berbeda dengan dunia sekolah atau kuliah. Ada hal baru dan juga tantangan baru yang muncul. Bahkan dunia kerja juga bisa dipenuhi oleh berbagai kejutan baru. Jika Anda tak siap atau mempersiapkan diri dengan baik, memasuki dunia kerja itu ibarat memasuki hutan rimba yang sangat asing. Anda akan menghadapi berbagai macam hal yang belum pernah Anda duga sebelumnya. Bahkan ada banyak hal yang sebelumnya tak pernah Anda pelajari saat masih di bangku kuliah.

"Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life."
— Confucius

Ketika memasuki dunia kerja seutuhnya, Anda akan menyadari beberapa hal yang selama ini luput dari perhatian Anda. Banyak hal esensial yang baru Anda kenali maknanya ketika sudah bekerja. Hidup Anda pun bisa berubah saat Anda sudah mulai membangun karier. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, yuk langsung kita ungkap lima hal yang baru disadari wanita ketiak sudah bekerja. Siapa tahu Anda juga merasakan hal yang sama. Info ini pun penting bagi Anda yang baru akan terjun ke dunia karier.

 

(vem/nda)

Cari Uang Itu Sulit

Oke, ungkapan kalau cari uang itu sulit mungkin sudah Anda dengar berkali-kali. Tapi Anda baru tahu bagaimana rasanya ketika sudah benar-benar bekerja. Ketika menerima gaji dan mengatur keuangan Anda agar tetap lancar. Bahkan Anda bisa lebih berhati-hati lagi saat mengeluarkan uang. Belanja pun jadi super perhitungan.

Setiap kali akan mengeluarkan uang, Anda terbayang lagi dengan pekerjaan berat yang telah Anda lalui. Setiap tetes keringat yang sudah Anda keluarkan membuat Anda enggan untuk berboros ria. Setiap rupiah itu penting. Kalau tak pandai mengatur keuangan sedari awal, bisa-bisa nanti malah tekor dan tak punya simpanan untuk masa depan. So, jangan lupa untuk tetap menabung, ya Ladies. Uang memang bisa dicari, tapi jangan sampai menyesal karena lalai menggunakan uang yang dimiliki.

Akhir Pekan dan Liburan Itu Harta yang Tak Ternilai

Sibuk kerja dari Senin sampai Jumat. Atau malah ditambah masih harus lembur hingga larut malam atau masuk kerja di hari Sabtu. Wah, badan dan pikiran bakal terasa capek luar biasa. Akhir pekan pun jadi waktu yang selalu ditunggu. Liburan merupakan waktu yang paling dinanti. Tapi begitu hari libur tiba, kita akan lebih memilih kegiatan santai, tiduran seharian di rumah pun sudah cukup untuk menikmati liburan.

Kalau Anda bekerja di sebuah perusahaan, mencari waktu untuk berlibur bisa jadi dilema sendiri. Yang harus minta izin terlebih dahulu lah. Yang harus menyelesaikan seabrek pekerjaan dulu. Dan banyak hal lain. Belum lagi kalau ternyata di waktu libur, kita masih juga dihubungi oleh orang-orang kantor yang butuh kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Bagaimana pun liburan itu tetap perlu, ya Ladies. Agar pikiran juga tetap terasa segar dan tak mudah stres.

Banyak Hal yang Harus Dikompromikan

Anda punya idealisme tertentu? Punya prinsip yang selalu dipegang selama sekolah atau kuliah? Well, saat berada di dunia kerja, ada banyak hal yang harus dikompromikan. Anda harus memilih: mau tetap mempertahankan apa yang selama ini sudah Anda percayai atau mulai bersikap terbuka dan fleksibel.

Saat bekerja, kita harus bisa berhubungan dengan banyak orang. Setiap orang punya karakter, kepribadian, dan keunikannya sendiri. Kita pun tak bisa menyukai semua rekan kerja kita. Begitu pula orang lain, tak semua orang bisa menyukai cara kerja kita. Tapi begitulah dunia karier. Kita perlu berkompromi dan beradaptasi dengan berbagai hal baru. Dan yang lebih sulit lagi adalah dengan tetap bekerja sesuai dengan cara kita, melakukan sesuatu yang kita sukai dengan baik, dan menjaga lingkungan kerja tetap kondusif berbaur dengan rekan kerja yang lain.

Nggak Bisa Gengsi

Saat baru jadi karyawan baru misalnya, kita tak bisa langsung gengsi atau menutup diri untuk belajar dari rekan kerja yang lebih berpengalaman. Meskipun usia kita lebih tua, kita harus tetap humble. Mau belajar dari rekan kerja yang lebih muda. Mau menerima saran dan masukan dari yang sudah berpengalaman. Dan membuka diri akan hal-hal baru.

Kalau hanya menuruti gengsi saat bekerja, kita juga makin sulit untuk mencapai puncak karier yang kita inginkan. Lulus kuliah bukan berarti berhenti belajar. Justru kita harus meningkatkan usaha kita berkali-kali lipat lagi untuk belajar. Belajar tak melulu soal memahami isi sebuah buku. Belajar bisa dari mana saja. Melalui pengalaman orang lain sampai dari kritik yang kita dapat dari orang di sekitar kita.

Apa yang Anda lakukan di lingkungan kerja Anda akan berdampak langsung dalam kehidupan Anda. Bersikap gengsi dan jual mahal malah hanya akan menjatuhkan diri Anda sendiri di dunia kerja. Awalnya mungkin sulit, tapi namanya proses pasti butuh waktu.

Waktu Terasa Makin Berharga

Setiap hari disibukkan dengan berbagai macam pekerjaan. Menyia-nyiakan waktu sedikit saja bisa berakibat fatal. Ketika sudah pulang ke rumah pun, rasanya ada sesuatu yang hilang jika kita hanya berdiam diri. Kalau kita tak mengontrol diri dengan baik, salah-salah bisa stres sendiri. Anda pun jadi makin mengamini ungkapan kalau waktu adalah uang. Waktu yang terbuang berarti ada uang yang lepas dari tangan kita.

[startpuisi]"Your time is limited, so don't waste it living someone else's life."
— Steve Jobs[endpuisi]

Ladies, ada banyak hal yang berubah ketika kita memasuki fase baru dalam hidup. Saat memasuki dunia karier, kita akan menghadapi berbagai tantangan baru. However, that's life! Dunia karier memang banyak tantangan tapi Anda tetap bisa bahagia menjalaninya jika Anda menikmati pekerjaan yang Anda lakukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading