Sukses

Lifestyle

3 Alasan Wanita Takut Membangun Bisnis Sendiri

Bayangan untuk bisa punya bisnis sendiri, menjadi bos untuk diri sendiri tampaknya jadi impian banyak wanita. Bekerja memang paling menyenangkan kalau bisa melakukan yang kita sukai. Serta punya kendali penuh atas apa yang kita kerjakan. Hanya saja tak semua dari kita punya cukup keberanian untuk membangun bisnis sendiri.

Ada banyak alasan kenapa wanita masih saja ragu untuk mandiri dengan jadi pengusaha atau pebisnis. Mulai dari tak punya modal, sudah terlalu nyaman dengan kondisi saat ini, hingga tak berani mengambil risiko baru. Umumnya, inilah tiga ketakutan terbesar wanita dalam membangun bisnis sendiri. Yuk, langsung kita simak uraiannya lebih jauh lagi.

Takut Rugi
Namanya bikin usaha sendiri, untung rugi itu sudah biasa. Dan ketika kita sudah begitu ketakutan dengan risiko rugi, maka ide untuk membangun bisnis sendiri akan hilang begitu saja. Dahlyn McKowen, pendiri “eWomenNetwork” punya tipsnya untuk kita semua. Ia bilang, “Temukan cara untuk mendukung sikap positifmu.” Dia juga menambahkan kalau yang perlu kita lakukan adalah mengubah sikap. “Sikapmu lebih penting dari gelar dan diplomamu, penghargaan dan prestasimu, kondisimu dan kesuksesanmu,” lanjutnya.

So, untuk bisa membangun bisnis sendiri, kita juga harus menata sikap kita. Jangan terlalu dipusingkan dengan risiko takut rugi. Yang terpenting Anda berani melangkah. Melakukan sesuatu yang baru. Buka bisnis yang sudah Anda impikan. Lakukan dengan sepenuh hati. Nanti keuntungan pasti bisa Anda dapatkan.


Takut Keluar dari Zona Nyaman
Saat sudah berada di zona nyaman, rasanya kita tak mau pergi ke mana-mana. Tapi kalau dibiarkan terus-menerus, hidup Anda bisa terasa sangat membosankan. Nggak mau kan hari-hari Anda nantinya berlalu hampa dan tak bermakna?
Mungkin saat ini Anda sudah bekerja sebagai seorang karyawan. Tapi jauh di lubuk hati Anda, Anda ingin sekali punya bisnis dan usaha sendiri. Kalau memang begitu, mulailah mengambil langkah. Buat ulang rencana dan target kesuksesan karier Anda.

”Semua cita-cita akan terwujud—bila kita punya keberanian untuk mengejarnya.”
(Walt Disney)


Takut Tak Mendapat Dukungan
Ini juga bisa menghambat seorang wanita untuk membangun bisnis. Takut dikucilkan. Takut diremehkan. Atau malah khawatir tak diberi dukungan. Kesiapan mental memang sangat penting dalam membangun sebuah usaha. Kalau ingin membangun sebuah bisnis sendiri, Anda harus yakin dulu dengan pilihan Anda. Terus optimis dan yakin kalau Anda bisa sukses ke depannya. Lalu berusaha sebaik mungkin.

Ladies, apakah Anda juga merasakan ketakutan seperti itu ketika ingin memulai sebuah bisnis? Bagaimana pun hidup adalah persoalan pilihan. Jika Anda sudah memilih untuk seorang entrepreneur, maka Anda harus benar-benar berkomitmen di dalamnya.


(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading