Sukses

Lifestyle

Di Usia 20an, Hidup yang Sederhana Mengajarkanmu Segalanya

Usia 20an bisa dibilang merupakan periode yang paling penting dalam hidup. Di usia inilah, kamu bisa melakukan pencapaian-pencapaian besar. Tapi di usia ini juga kamu akan dihadapkan pada berbagai macam masalah dan tantangan baru yang tak mudah.

Lingkaran sosialmu berubah. Hubunganmu dengan orang tua dan keluarga tak lagi sama. Caramu memandang hidup ikut berubah. Impian dan tujuan hidupmu kembali jadi prioritas penting dalam hidup. Banyak yang ingin kamu perjuangkan. Banyak yang ingin kamu lakukan. Tapi kamu merasa waktumu tak cukup.

“Youth offers the promise of happiness, but life offers the realities of grief.”

― Nicholas Sparks, The Rescue

Saat kamu memasuki dan menjalani usia 20an, kamu mungkin akan merasa takut dan cemas. Akan dibawa hidupmu? Apa saja yang wajib dan perlu kamu lakukan? Sampai kapan kamu harus berjuang dan mengorbankan banyak hal untuk sebuah impian?

Tapi dari semua itu, cobalah untuk tetap menjalani hidupmu dengan sederhana, Ladies. Dalam arti tetaplah jadi dirimu sendiri yang rendah hati. Jadilah orang yang selalu belajar. Jadi orang yang senantiasa membuka mata melihat dunia dari berbagai sisi dan sudut pandang.

Rasa egoismu mungkin akan meningkat. Kamu ingin banyak hal. Rasanya semua isi dunia ingin kamu genggam. Semua kesempatan dan peluang yang ada ingin kamu raup semuanya. Tapi kamu tak bisa mengejar semuanya. Energi dan kemampuanmu juga ada batasnya. Kamu juga punya prioritas hidupmu sendiri.

“The years nineteen and twenty are a crucial stage in the maturation of character, and if you allow yourself to become warped when you're that age, it will cause you pain when you're older.”

― Haruki Murakami, Norwegian Wood

Tetaplah sederhana menjalani usia 20an. Sikapi masalahmu dengan sederhana tanpa rasa panik berlebih. Sementara waktu, buang rasa egois atau sombongmu. Kamu masih perlu berjalan ke depan untuk terus memperjuangkan impian dan hidupmu saat ini.

Akan ada banyak godaan yang kamu hadapi. Kekuatanmu akan diuji habis-habisan. Mungkin kamu akan tersesat atau mengulangi kesalahan yang sama. Namun, sikapi dengan cara sederhana. Tetaplah tersenyum, tegakkan kepalamu, perjuangkan kembali apa yang selama ini sudah jadi impian besarmu.

Melangkahlah dengan cara sederhana. Ambil satu per satu langkahmu dengan tenang. Meski kamu akan menginjak batu atau kerikil, bertahanlah. Usia 20an hanya akan kamu alami sekali. Saat kamu berhasil melewati masa-masa ini dengan baik, masa depanmu nantinya akan terasa lebih menjanjikan.

Hidup yang sederhana akan mengajarkanmu segalanya kelak. Apa yang berhasil kamu capai dan raih di usia ini akan jadi pintu terbuka yang bisa membawamu ke masa depan yang lebih baik.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading