Sukses

Lifestyle

Hindari 5 Kesalahan Ini, Dapatkan Penghasilan dari Ngeblog

Di era serba digital dengan berbagai aspek kehidupan yang bisa terhubung dengan internet, ada banyak peluang baru untuk menambah penghasilan. Salah satunya adalah dengan aktivitas ngeblog atau membuat blog. Kalau kamu hobi menulis atau suka aktivitas berbagi hal baru di dunia maya, ngeblog bisa jadi kegiatan seru dan menguntungkan.

Kalau kamu masih pemula, ada sejumlah poin penting yang perlu kamu ketahui tentang aktivitas ngeblog. Memang ada banyak orang yang bisa mendapatkan uang atau penghasilan tambahan dari ngeblog. Tapi semua itu juga tak terjadi secara instan, Ladies. Sebagai pemula, pastikan kamu tak membuat kesalahan-kesalahan dasar ini kalau ingin bisa mendapat penghasilan dari ngeblog ke depannya.

Salah Menyusun Tulisan dan Gambar
Dilansir dari lifehack.org, pembaca hanya membaca 20 persen tulisanmu. Belum lagi dengan fakta bahwa pembaca di internet memiliki kemampuan fokus yang singkat. Jadi baiknya hindari membuat paragraf yang terlalu panjang. Jika kamu membuat tulisan panjang, selalu bagi jadi beberapa bagian agar pembaca tak cepat bosan.

Penggunaan gambar juga sangat penting untuk blogmu. Tapi nggak sembarangan gambar yang bisa digunakan. Sarannya sih gunakan gambar atau foto koleksi pribadimu sendiri agar tak melanggar hak cipta atau mendapat tuntutan. Tapi kalau tidak, kamu bisa coba cari gambar-gambar khusus di web tertentu seperti Flickr yang memang disediakan gratis dan bebas digunakan oleh siapa saja.

Jadwal Publikasi Tidak Rutin
Sangat disarankan untuk membuat tulisan dan mempublikasikannya secara rutin dan berkala. Hindari mengunggah misalnya 10 tulisan sekaligus dalam sehari lalu membiarkannya kosong selama sebulan. Buat jadwal khusus untuk publikasi tulisan di blogmu. Agar pembaca juga bisa terus penasaran dan sering mengunjungi blogmu.

Tidak Optimasi Permalink Blog
Apa itu permalink? Permalink atau permanen link adalah susunan link atau URL yang merupakan jalur online ke lokasi sebuah konten atau posting. Struktur permalink menjadi semacam identitas atau rujukan untuk mesin pencari atau hiperlink di situs lain.

Biasanya permalink blog secara otomatis dibuat jadi blogname.com/?p=123 yang sebenarnya tidak ramah untuk mesin pencari. Hal ini akan sulit membuat Google mendeteksi atau mengenali tulisanmu dan kamu kehilangan kesempatan dapat pengunjung. Pilih pengaturan dengan opsi Post Name agar tulisanmu nanti dapat link dengan struktur judul kontennya langsung dan mudah diidentifikasi oleh mesin pencari.

Tidak Menambahkan Tombol Bagi Media Sosial
Ingin tulisanmu lebih banyak dibaca orang? Jangan lupa untuk menambahkan tombol bagi media sosial. Zaman sekarang orang suka saling share info yang mereka dapat via media sosial. Jadi pastikan blogmu juga dilengkapi dengan tombol media sharing.

Tak Menampilkan Tulisan Terbaru/Terpopuler
Banyak pembaca yang langsung mencari tulisan terbaru atau terpopuler ketika mengunjungi sebuah blog. Kamu pun harus pintar-pintar untuk menata tulisanmu dan memisahnya sesuai kategori yang tepat. Kalau pembaca sudah betah membaca tulisan di blogmu, dia pasti akan kembali mengunjungi blogmu lagi.

Lima hal di atas sebaiknya kamu hindari, Ladies kalau kamu ingin nantinya mendapat penghasilan dari blog yang kamu buat. Yang terpenting saat ini buat blogmu dibaca dan dikenal banyak orang terlebih dahulu. Nanti kalau blogmu sudah punya banyak pembaca, kamu akan lebih mudah untuk meraup keuntungan secara finansial dari blogmu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading