Sukses

Lifestyle

Persiapan Penting untuk Menikah di Luar Negeri

Merencanakan pesta pernikahan memberi kesempatan untuk calon pengantin mewujudkan berjuta ide kreatif yang ada di kepala. Namun, pernikahan yang dilaksanakan di luar negeri tentunya membutuhkan perhatian lebih dan detail yang lebih banyak. Dari mulai memperhatikan nilai tukar mata uang hingga mengurus surat-surat perizinan yang dibutuhkan. Apa saja elemen pernikahan yang harus dipertimbangkan ketika mengadakan pernikahan di daerah yang jauh dari tempat tinggal? 

    Nilai Tukar Mata Uang

    Merencanakan budget pernikahan sendiri sudah cukup merepotkan, apalagi ditambah Anda harus memperhitungkan nilai tukar yang berubah bergantung dengan inflasi. Yang perlu diingat adalah, calon pengantin harus memesan segalanya di waktu yang tepat dan menyelesaikan segala pembayaran dengan tepat waktu sebelum biaya menjadi berlipat ganda.

    Transportasi

    Pernikahan di luar kota meliputi lingkungan yang asing bagi tamu-tamu Anda. Anda harus memperhatikan jarak tempuh lokasi pernikahan dengan bandara, terminal maupun stasiun. Untuk mempermudah, ada baiknya jika Anda menyediakan transportasi hingga tamu yang hadir tidak perlu merasa kerepotan atau menghindari kemungkinan terlambat dan tersesat menuju lokasi. Alternatif lainnya adalah menyediakan informasi panduan lengkap pada undangan pernikahan mulai dari peta menuju tempat acara, beserta dengan kontak yang dapat dihubungi.

    Harga Lokal

    Ketika mempersiapkan semua elemen pernikahan, ingat bahwa harga yang diterapkan tentu akan berbeda dengan tempat Anda tinggal. Cari tahu dengan menghubungi vendor lokal yang sudah terbiasa mengurus pernikahan.

    Logistik

    Walau semua persiapan pernikahan telah siap di kota tujuan, selalu ada benda-benda lain yang Anda bawa dari tempat tinggal dan jumlahnya biasanya tidak sedikit. Dari mulai baju pengantin hingga benda-benda esensial lain yang khusus didatangkan dari kota asal. Masalah yang mengikuti selanjutnya adalah beban bawaan di bagasi Anda. Ingat untuk menghitung berat benda yang Anda bawa untuk mengantisipasi adanya kelebihan berat dan penambahan biaya. Selain itu, tentunya untuk memikirkan tempat penyimpanan barang-barang tersebut sebelum digunakan atau ketika sedang tidak digunakan.

    Perizinan

    Acara dengan skala besar yang mengundang publik ramai tentunya membutuhkan perizinan. Jika semua masalah surat-surat telah diurus oleh pihak wedding organizer, tentunya Anda bisa tenang. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui prosedur yang berlaku.

(vem/bridestory/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading