Sukses

Lifestyle

Resep Onde-Onde Singkong Isi Gula Merah Legit Gurih

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Indonesia adalah salah satu negara yang punya beragam masakan dan camilan. Kalau ngomongin soal masakan atau camilan, dari Sabang sampai Merauke sepertinya memiliki makanan khas ya. Oh iya, berbicara mengenai makanan khas, kali ini Vemale punya satu resep camilan enak yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Makanan ini adalah onde-onde singkong isi gula merah yang legit di dalam dan sangat gurih di luar. Wah, jadi ingat onde-onde buat eyang nih, hihi.

Untuk membuat onde-onde singkong sebenarnya sangat mudah kok Ladies. Ini nih bahan yang kamu perlukan dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan

  • 3 buah singkong ukuran sedang (kupas, cuci, parut lalu peras airnya)
  • Kelapa parut (dari 1/2 buah kelapa) 
  • 2 sdm tepung sagu 
  • Garam (secukupnya) 
  • Gula merah (sisir, secukupnya) 
  • Minyak goreng (secukupnya)


Cara Membuat

  1. Siapkan singkong yang sudah diparut. Peras air singkong dan saring airnya. Diamkan air singkong sampai bening dan ada endapan pati di bawahnya. Buang air pelan-pelan lalu ambil patinya.
  2. Campur singkong parut, pati singkong, kelapa parut dan tepung sagu. Aduk rata semua bahan. Jika dirasa kurang lembut, bisa ditambahkan sedikit air. 
  3. Ambil sedikit singkong lalu pipihkan di telapak tangan. 
  4. Letakkan gula merah di tengah lalu bulatkan singkong. Usahakan agar gula benar-benar tertutup dengan baik oleh singkong. 
  5. Lakukan hingga semua singkong menjadi bulat. Goreng kira-kira selama 15 menit hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan sajikan. 
  6. Agar tampilan onde-onde semakin menarik, taburkan gula putih halus di atasnya.


Itulah resep membuat onde-onde isi gula merah yang legit dan gurih. Gimana, resep yang sangat mudah bukan? Makanan ini akan sangat nikmat jika dinikmati saat sore hari di mana onde-onde masih hangat. Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga suka ya? Selain yang mudah dalam membuatnya, makanan ini juga sehat dan lezat serta murah.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading