Sukses

Lifestyle

Serunya Belanja & Belajar Membuat Batik Di Trusmi Batik

Bila di Jogjakarta terdapat pusat batik di Beringharjo, Cirebon pun memiliki pusat batik yang tak kalah menariknya. CirebonĀ  mempunyai kawasan wisata belanja batik di Trusmi, kabupaten Cirebon. Saat memasuki area ini, mata Anda akan disuguhi beraneka ragam batik yang indah.

Batik Trusmi berdiri sejak 4 tahun yang lalu, namun karena ciri khasnya yang colorful, lifestyle, dan experiencenya, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar kota.

"Nama Batik Trusmi diambil dari sebuah desa. Batik Trusmi sudah berdiri 4 tahunan. Dulu, namanya batik IBR yang merupakan singkatan nama. Tapi sekarang, Batik Trusmi. Batik Trusmi sudah memiliki empat cabang yaitu di Medan, Surabaya, Jakarta dan Bandung," tutur Dwi Noviani sebagai Product Consultant saat ditemui Vemale dalam acara Jalan-Jalan Masa Kini bersama NET TV Episode Cirebon, Sabtu, 27 Februari 2016.

Foto dok. Vemale.com

Batik Trusmi menyediakan batik cap, batik tulis dan batik printing, yang semuanya dikombinasikan. Menurutnya, batik khas Cirebon ini memiliki motif mega mendung, rilis, kaung, parang dan obin.

"Dari segi warna, batik Cirebon warnanya cerah-cerah, semua jenis warna ada. Dan obinnya pun warna warni," terangnya.

Foto dok. Vemale.com

Khusus untuk batik tulis, harganya akan semakin mahal jika memakai banyak warna. Untuk pengerjaannya, batik tulis paling lama dikerjakan dalam waktu tiga bulan.

Harga koleksi batik Trusmi dari pakaian (atasan dan bawahan), kain, syal, dompet dan tas dimulai dari Rp 20.000 hingga jutaan rupiah.

Selain berbelanja, di sini pengunjung juga bisa melihat langsung cara pembuatan batik. Asiknya lagi, Batik Trusmi juga menyediakan paket untuk Anda yang ingin mencoba belajar membuat batik.

"Siapa saja yang mau belajar membatik bisa di sini, kami akan dampingi dan kami ajarin. Ada paket belajar batik dan akan mendapatkan makan siang empal gentong," tutup Dwi.

(vem/yun/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading