Sukses

Lifestyle

Bikin Trauma! Wajahku Bengkak Usai Pakai Cat Rambut

Memilih dan memakai produk kecantikan tak bisa sembarangan. Kita harus selalu pastikan dulu kandungannya aman atau tidak. Selain itu, kita juga perlu tahu apakah kita punya alergi terhadap bahan tertentu agar bisa lebih hati-hati lagi setiap kali melakukan perawatan kulit maupun rambut.

Chemese Armstrong, wanita berusia 35 tahun ini sudah tahu betul kalau alergi terhadap Paraphenylenediamine (PPD) yang umumnya terkandung di cat atau pewarna rambut. Dilansir dari dailymail.co.uk, ia pun selalu berusaha hati-hati untuk menghindari produk kecantikan yang mengandung bahan tersebut. Sehingga ketika ahli dermatologinya menyarankan henna, pewarna rambut alami bebas bahan kimia, dia pun merasa aman. Akhirnya ia coba untuk menggunakan cat rambut henna.

Tapi siapa sangka ternyata henna yang digunakan oleh penata rambutnya ternyata tak 100 persen alami. Dan masih ada kandungan PPD di dalamnya. Tak pelak, Chemese langsung alergi dengan bahan tersebut. Kulit kepalanya terasa gatal dan panas. Wajahnya pun bengkak sampai sulit dikenali.

Foto: copyright dailymail.co.uk

"Yang paling menakutkan adalah kedua mataku bengkak parah sampai membuatku tak bisa melihat selama dua hari," ungkap Chemese. Tinggal sendirian di apartemen membuatnya sangat kesulitan. Untuk bisa melihat, ia sampai harus menggunakan jarinya untuk membuka kedua kelopak matanya lebar-lebar.

Chemese segera dilarikan ke rumah sakit. Dokter khawatir alergi tersebut bisa menghambat pernapasannya dan berakhir fatal karena reaksi alerginya sampai menyerang area lehernya. Sejam di ruang gawat darurat, dokter memberi Chemese obat dan perlahan kondisinya membaik. Butuh waktu lebih dari satu minggu untuk bisa pulih seperti sedia kala. Entah apa jadinya jika kondisi Chemese tak segera ditangani saat itu.

Chemese sebelumnya sudah dikenal sebagai fitness blogger. Ia sering mengunggah video-video olahraga fitnesnya juga kebiasaan makan sehat di channel YouTube juga media sosialnya. Salah satu yang paling fenomenal adalah transformasinya dari yang tadinya kegemukan jadi bertubuh lebih proporsional.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Merasa dirugikan, Chemese melayangkan email ke salon tempat ia mengecat rambutnya. Namun, belum ada jawaban. Meski mengaku sangat traumatis dengan pengalaman tersebut, Chemese merasa senang masih bisa mendapat dukungan dari ribuan followers-nya.

Dalam sebuah video YouTube yang diunggah tanggal 14 Maret lalu, Chemese punya pesan penting yang perlu diperhatikan oleh kita semua. Sebaiknya kita memang harus lebih berhati-hati ketika akan menggunakan produk atau sesuatu untuk merawat kulit dan rambut kita. Bagaimana pun kesehatan dan keselamatan jiwa kita lebih penting dari apapun. Setuju, Ladies?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading