Sukses

Lifestyle

Kura-Kura Tertua (184 Tahun) Akhirnya Mandi Untuk Pertama Kali

Bagi kita, mandi adalah aktivitas yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Ya, meski mungkin ada dari kita yang hanya mandi sekali dalam sehari, hehe. Hayo, ada nggak nih yang mandi sekali saja dalam sehari? Kalau nggak mandi, tentunya tubuh kita akan terasa tidak nyaman, tidak segar dan tidak wangi. Nggak kebayang gimana jadinya kalau nggak mandi dalam waktu yang lama, misal satu minggu atau satu bulan.

Buat manusia, nggak mandi dalam waktu yang lama memang sering kali membuat tidak nyaman atau bahkan bisa saja dikatakan menjijikkan. Tapi, bagi hewan, tidak mandi dalam waktu yang lama sudah menjadi hal yang biasa. Seperti kura-kura bernama Jonathan berikut ini. Dikutip dari laman asiantown.net, kura-kura yang kini berusia 184 tahun dan dikatakan sebagai kura-kura tertua di dunia ini baru saja mandi untuk pertama kalinya.

Jonathan saat mandi bersama dr Hollins | Photo: Copyright asiantown.net

Beberapa waktu yang lalu, ia dimandikan oleh seorang dokter penjaga bernama Joe Hollins. Dengan sangat lembut dan penuh kehati-hatian, dokter Hollins menyikat cangkang Jonathan dan membersihkannya dengan sabun khusus. Kura-kura tertua ini sendiri dimandikan di tempat tinggalnya di kepulauan St Helena di selatan Atlantik, Inggris. Dokter Hollins mengatakan,

"Kami memandikannya dan memberinya scrub. Ini kamu lakukan karena akan ada pengunjung dari kerajaan yang mau menemuinya. Kami memandikannya agar ia terlihat menarik dan bersih. Kami ingin pengunjung kerajaan melihat yang terbaik darinya.

Jonathan | Photo: Copyright asiantown.net

Pasalnya, pengunjung kerajaan akan datang ke tempat kura-kura tersebut tinggal pada bulan Mei nanti. Rencananya, pengunjung kerajaan ingin menengok Jonathan setelah berkunjung ke arena bandara baru dekat Jonathan tinggal. Dokter Hollins mengatakan,

"Jonathan adalah kura-kura tertua. Usianya sudah 184 tahun. Ia telah melewati delapan masa kepemimpinan, mulai dari Raja George IV sampai Ratu Elizabeth II. Ia juga telah melewati masa pemerintahan 50 perdana menteri di Inggris.

Jonathan di akhir abad 19 | Photo: Copyright asiantown.net

Saat ini, Jonathan memiliki panjang 45 inci. Saat dibawa ke St Helena, usianya 50 tahun. Foto pertama Jonathan diambil pada akhir abad 19. Selama hidupnya, tidak diketahui secara pasti apakah Jonathan pernah dimandikan atau tidak. Dokter meyakini bahwa mandi Jonathan ini adalah kali pertama. Selain ada Jonathan, masih ada kura-kura lain yang tinggal di St Helena. Kura-kura lain tersebut antara lain adalah David, Emma, Frederika dan Myrtle.

Wah, usia Jonathan sangat mengesankan ya Ladies. Ia bahkan telah hidup hampir selama 2 abad lamanya. Meski ini adalah kali pertama mandi, Jonathan tetap mengesankan dan mengagumkan kok. Semoga Jonathan sehat selalu... ^___^



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading