Sukses

Lifestyle

Hati-Hati Hal Ini yang Sering Dilihat HRD di Internet

Ada istilah bahwa sebelum menulis sesuatu di social media lebih baik pikirkan dua kali dulu. Jika dulu ada pepatah mulutmu harimaumu, maka istilah yang tepat saat ini adalah statusmu harimaumu. Jika tidak ingin dianggap lembek dan lebay, maka jangan mudah mengeluh di social media karena kita tidak akan pernah tahu dengan penilaian orang lain.

Jika saat ini kamu sedang atau akan mencari kerja, perlu kamu tahu banyak cara HRD untuk mencari tahu tentang kamu. Salah satu cara yang sering dipakai HRD selain dengan membaca CV yang kamu buat juga dari social media yang kamu miliki. Untuk itu mulai saat ini belajarlah untuk bijak menggunakan social media. Berikut adalah beberapa hal yang dilihat HRD saat mencari tahu tentang kandidat calon karyawannya.

    Siapa Saja Temanmu?

    Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana kamu bersosialisasi. HRD perlu tahu siapa saja yang dekat denganmu, karena seseorang dapat dinilai dari teman yang dekat dengannya. Maka jika kamu ingin mengetahui sifat orang tersebut, lihatlah orang terdekatnya.

    Bahasa yang Digunakan

    Bagaimana kamu berkomunikasi, bagaimana bahasa yang kamu gunakan saat bersosial media akan menjadi penilaian tersendiri bagi HRD. Mereka akan menilai dari bahasa yang kamu gunakan apakah kamu termasuk orang yang kasar atau memiliki sopan santun yang baik. Jika kamu sering menggunakan kata-kata kasar, maka HRD akan berpikir dua kali untuk menerima kamu.

    Foto yang Kamu Unggah

    HRD akan megetahui kehidupan sosial kamu dari foto yang kamu bagikan. Lewat foto yang kamu unggah HRD akan menilai bagaimana kehidupan kamu di luar kantor. Apakah kamu memiliki kehidupan sosial yang baik atau tidak. Dan yang terpenting apakah kamu tipe orang yang mampu menyeimbangkan kehidupan pribadi dan karier. Jika timpang, sepertinya HRD akan berpikir dua kali untuk menerima kamu sebagai karyawan.

    Optimisme

    Apakah kamu tipe seorang yang optimis atau justru pesimis dapat dilihat dari status yang kamu bagikan. Jika status kamu berisi keluhan saja bisa jadi kamu adalah seorang yang pesimis. Maka sebaiknya mulai sekarang kurangi mengeluh di akun social media kamu.

Mungkin tidak semua yang kamu bagikan di internet adalah tentang diri kamu sendiri, tapi akan mencerminkan sifat kamu yang sebenarnya. Jadi mulai saat ini belajar untuk lebih berhati-hati di internet. Bagaimana apakah kamu setuju?

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading