Sukses

Lifestyle

Saat Diskon Belanja Begitu Menggoda, Ingat Tagihan yang Tertunda

Salah satu godaan terberat bagi seorang wanita adalah diskon. Saat sedang jalan-jalan ke mall atau pergi ke supermarket, pasti kaki ini akan dengan sendirinya melangkah ke rak barang yang banyak diskonnya. Awalnya sih berdalih cuma mau lihat-lihat saja, tapi ujung-ujungnya malah memborong banyak barang.

Kalau sudah begitu, wah yang tertinggal adalah rasa penyesalan. Pengeluaran jadi makin tak terkontrol. Besar pasak daripada tiang.

Menahan godaan diskon belanja memang tak semudah membalik telapak tangan. Tapi bukan berarti hal itu mustahil kita lakukan. Ada sejumlah trik mudah dan praktis untuk mengatasinya.

    Buat Anggaran Pribadi Setiap Bulan

    Setelah menerima gaji, buatlah daftar anggaran pribadi. Terkait dengan barang-barang apa saja yang perlu dibeli segera. Barang-barang apa saja yang harus kita stok untuk sebulan, apa ada kebutuhan penting yang perlu dipenuhi segera, dan sebagainya. Kalau perlu sediakan buku khusus untuk mencatat itu semua sehingga pemasukan dan pengeluaran bisa lebih terkendali.

    Menabung dan Berinvestasi di Awal Bulan

    Saat baru menerima gaji, segera sisihkan sebagian uang untuk ditabung atau diinvestasikan. Memang perlu disiplin dari awal agar nanti bisa "dipaksa" untuk mengatur uang yang sudah ada untuk kebutuhan sehari-hari. Tak mudah pada awalnya tapi yakin deh pasti akan membuatmu lebih mudah mengatur keuangan nantinya.

    Pakai Uang Tunai Saat Belanja

    Selamat deh kalau kamu nggak punya kartu kredit. Justru itu akan sangat membantumu. Belanjalah dengan menggunakan cash atau uang tunai secukupnya sesuai dengan barang-barang yang akan dibeli. Jadi kamu bisa menghindari pengeluaran tak terduga dan mencegah godaan untuk boros.

    Ingat dengan Tagihan yang Kamu Punya

    Ini nih salah satu cara yang cukup ampuh untuk menahan diri agar tak boros berlebihan saat belanja. Saat mulai tergoda untuk kalap belanja, ingat lagi dengan tagihan-tagihan yang kamu punya. Atau mungkin justru kamu masih punya hutang yang belum dibayar. Jangan sampai nanti kamu malah menyesal karena malah menggunakan uang untuk hal yang belum kamu butuhkan dan membuatmu masih terbebani dengan tanggungan yang lain.

    Beli karena Butuh atau Pengen Aja?

    Memang sih rasanya sayang banget untuk melewatkan benda atau barang lucu tanpa membelinya. Rasanya ada sesuatu yang mengganjal di hati saat melewatkan diskon yang belum tentu ada setiap saat. Apalagi jika yang dijual adalah barang-barang yang dulu jadi incaran kita, wah tak membelinya rasanya seperti melewatkan sebuah kesempatan emas. Tapi penting sekali bagi kita untuk memastikan apakah membeli barang karena memang butuh atau hanya karena pengen aja?

Diskon memang kerap jadi "racun" wanita. Tapi selalu ingatkan diri kalau kita juga punya prioritas penting dalam mengatur keuangan. Jangan sampai kita jadi lupa diri saat belanja dan menyesal kemudian.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading