Sukses

Lifestyle

Dia Tipe Posesif & Suka Mengatur? Kenali Tandanya Sekarang

Punya pacar tapi kok justru sering bikin kesal? Apa mungkin dia tipe yang posesif? Harus hati-hati nih ladies. Terkadang ada wanita yang langsung tahu bahwa pasangannya tipe yang posesif dan suka mengatur, tapi ada juga yang tidak.

Meski kesal dengan apa yang dilakukan si pria, namun tak ada yang bisa dilakukan. Coba deh kenali, apa dia tipe yang control freak. Menurut psikolog Brandy Engler, Ph.D., sikap posesif dan suka mengatur sebenarnya berasal dari rasa insecure atau kurangnya rasa percaya terhadap pasangan.

Pasangan selalu merasa resah bahwa kamu akan selingkuh darinya atau mencampakkannya, itulah mengapa ia selalu bersikap seolah kamu harus selalu ada dalam pengawasannya. Tapi sayangnya, sikap mengontrol ini bisa memberi efek membahayakan hubungan cinta.

Sikap seperti ini bisa berkembang jadi penyakit mental atau gangguan kepribadian ringan. Menurut National Institute of Mental Health, gangguan ini ditandai dengan timbulnya pola ketidakstabilan suasana hati atau mood, perilaku, self-image dan lain sebagainya.

Dalam kadar yang lebih rendah, sikap mengatur ini bisa menimbulkan perasaan mengikat dan mencekik. Perilaku seperti sering menegcek handphone, pesan singkat, komputer, sering menghubungi setiap sekian menit sekali dan selalu ingin tahu apa yang kamu lakukan.

Kebebasanmu terlalu dibatasi dan kamu akan selalu serba salah saat melakukan apa pun karena kecurigaannya. Hal ini karena pasangan haus perhatian dan koneksi antara kamu denganya. Pria bersikap seolah mereka punya hak penuh tahu tentang segala hal yang terjadi dalam hidupmu dan mereka marah jika tak mendapatkan itu bahkan bersikap kasar dan menyakitkan.

Jika kamu tak bisa mengatasi hal ini, terapi bisa jadi alternatif mengurangi sikap posesifnya. Beri jarak sewajarnya, dan jika ia tak bisa menerima hal ini, silahkan diskusikan bersama apakah hubungan ini berlanjut atau tidak.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading