Sukses

Lifestyle

Foto Ini Mendadak Viral Karena Seperti Disensor, Sebenarnya...

Sekilas foto ini terlihat seperti disensor. Seorang pria terlihat memegang sesuatu di tangannya tapi ada bulatan warna hitam seperti sensor yang ada di aplikasi sensor foto seperti photoscape atau photoshop. Namun Ladies, foto ini sebenarnya tidak disensor sama sekali.

Dikutip dari laman odditycentral.com, foto ini adalah foto asli tanpa sensor. Bulatan hitam di depan pria ternyata adalah sebuah benda bulat yang dicat dengan cat hitam pekat yang disebut sebagai Vantablack. Ini merupakan produk cat dari perusahaan cat yang berbasis di Inggris bernama Surrey NanoSystem. Cat yang dibuat sejak dua tahun yang lalu ini diklaim sebagai cat yang sangat hitam dan mampu menyerap cahaya hingga 99,965 persen.

Bulatan hitam di foto adalah benda yang dicat dengan warna hitam pekat | Photo: Copyright odditycentral.com

Tak hanya menyerap cahaya biasa, Vantablack juga diklaim mampu menyerap cahaya dari sinar ultraviolet dan infrared hingga 99,8 persen. Karena kemampuan menyerap cahaya yang sangat mengagumkan inilah, beberapa benda yang terkena cat tersebut akan tampak sangat hitam dan datar seperti disensor.

Yang lebih menarik lagi, benda-benda yang memiliki bentuk 3 dimensi sekalipun akan terlihat datar saat terkena cat tersebut. Selain mampu menyerap cahaya hingga 99,9 persen, cat ini juga tahan panas dari suhu yang mencapai 200 derajat celcius. Ia juga bersifat hidrofobik sehingga sangat cocok digunakan untuk melapisi benda-benda yang rentan rusak terkena air.

Benda tiga dimensi akan terlihat datar dengan cat Vantablack | Photo: Copyright odditycentral.com

Ben Jensen, petugas teknis di Surrey NanoSystem mengatakan, "Kita akan melihat permukaan datar warna hitam dengan cat ini. Bahkan saat berada di depan kamera, ia akan terlihat seperti sensor yang ditambahkan di aplikasi editing foto."

Karena warna hitamnya yang sangat pekat inilah, sebuah foto pria dan wanita yang membawa bulatan hitam di tangannya mendadak jadi foto yang cukup viral di dunia maya. Banyak netizen penasaran apa yang dibawa pria sehingga harus diberikan sensor. Tapi, setelah ada klarifikasi mengenai foto tersebut, tidak sedikit netizen yang terkagum-kagum dengan kemampuan Vantablack dalam menyerap cahaya.

Cat warna hitam yang memiliki warna hitam pekat | Photo: Copyright odditycentral.com

Untuk Vantablack sendiri, perusahaan hanya menjualnya untuk kebutuhan industri. Tidak sembarang orang bisa mendapatkan cat ini karena dikhawatirkan akan disalahgunakan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading