Sukses

Lifestyle

Berapa Lama Waktu Pacaran Ideal Sebelum Memutuskan Menikah?

Kisah cinta setiap orang bisa berbeda satu sama lain, ada yang berkali-kali pacaran baru menikah, ada juga yang tak pernah sama sekali pacaran tapi langsung bertemu jodohnya dan menikah. Terkadang ada juga yang nggak pakai masa pacaran, melakukan ta'aruf dan langsung menikah.

Tapi jika kamu sekarang masih dalam masa pacaran dengan si dia, ketahuilah berapa lama waktu pacaran yang ideal sebelum akhirnya kalian memutuskan melanjutkan ke jenjang lebih serius, yaitu menikah.

Menurut penelitian dari Bridebook.co.uk, mereka bertanya pada 4 ribu pengantin, berapa lama waktu rata-rata menjalin hubungan pacaran sebelum memutuskan menikah, dan hasilnya adalah 4,9 tahun. Atau katakanlah 5 tahun pacaran.

Menikah setelah pacaran selama 4,9 tahun adalah waktu rata-rata yang dianggap ideal untuk pasangan saling mengenal dan memahami satu sama lain. Sebanyak 80% dari kita memang perlu mengenal satu sama lain sebelum yakin apakah hubungan ini bisa untuk jangka panjang atau berlanjut ke jenjang pernikahan.

Pacaran 4,9 tahun adalah waktu ideal sebelum menikah/copyright Pixabay.com

Rata-rata para pengantin di tahun 2017 menikah di usia 30,8 tahun, dan rata-rata pengantin pria menikah di usia 32,7 tahun. Berbanding jauh 10 tahun dibanding tahun 1971 lalu, ketika standar menikah untuk wanita adalah 22,6 tahun dan usia ideal menikah pria adalah 24,6 tahun.

Tentu saja, pilihan menikah di usia berapa saja adalah keputusan setiap orang. Tidak harus mencapai usia itu untuk bisa menikah, bahkan menikah di usia 20an tahun justru lebih baik karena kamu berada di masa reproduksi paling subur di usia tersebut, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading