Sukses

Lifestyle

Tetap Sehat di Usia Senja, Berawal dari Menjaga Kesehatan Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Di saat muda, kita cenderung tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan terutama tentang bagaimana menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Seiring bertambahnya usia, sering kali banyak orang menyesali dan berharap mereka dapat lebih memperhatikan kesehatannya semasa muda. Meski tak banyak memikirkan tentang kesehatan, semasa muda setidaknya kita harus secara bijaksana memperhatikan kebiasaan makan dan olahraga sebagai modal menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Semakin lama kita melatih kebiasaan makan dengan sehat dan berolahraga dengan teratur, semakin besar kemungkinan kita akan mengalami fase penuaan dengan sehat. Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan, bahwa makan adalah salah satu kebiasaan yang dapat kita latih secara rutin setiap hari. Itu berarti, setiap jenis makanan akan menyediakan kesempatan untuk memperkuat kebiasaan sehatmu.

Salah satunya dengan belajar menentukan porsi dan memilih jenis makanan bernutrisi padat. Setiap kali membuat pilihan makanan yang tepat, berarti telah lebih tegas pada diri sendiri guna membangun kebiasaan makan yang baik dan akan berguna seumur hidupmu.

“Saya telah memberikan masukan kepada banyak pasien berusia lanjut yang memiliki kebiasaan makan yang buruk dan secara mendadak memutuskan untuk mengubah pola hidup ke arah lebih sehat. Hal tersebut dipicu pertambahan usia atau bahkan kondisi kesehatan. Mereka juga mengatakan bahwa cukup sulit mengubah kebiasaan pola makan yang sudah dilakukan berpuluh tahun sebelumnya,” ujar Susan.

Menurut survei bertajuk “2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey” yang dilakukan pada Agustus 2018 yang lalu dengan melibatkan sekitar 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara, mengungkap bahwa mayoritas responden di Indonesia (71%) percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat.

Bahkan 90% responden Indonesia mengatakan mereka sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan. Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu dini untuk memperhatikan kesehatan dengan menjaga pola makan dan memulai olahraga secara teratur guna mendapatkan fase menua dengan sehat. Tapi jika masih merasa muda, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar dapat mengalami usia yang menua dengan sehat.

Mempertahankan Kesehatan Tulang

Tulang yang sehat dan kuat dibangun selama masa remaja karena kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium di tulang optimal pada sekitar usia 30. Ini adalah periode kritis, seharusnya seseorang dapat memaksimalkan kepadatan tulang. Beberapa hal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kalsium dalam makanan (sekitar 1.000 mg per hari) dan secara teratur berlatih beban.

Keduanya penting untuk membangun massa tulang, serta dapat dilakukan secara optimal ketika usia muda. Namun, itu tidak berarti tidak dapat dilakukan oleh orang yang telah masuk usia lanjut. Aktivitas mengangkat beban dapat membantu menjaga tulang tetap kuat.

Pastikan tubuh mengkonsumsi kalsium yang cukup setiap hari, perlu dicatat kebutuhan akan meningkat menjadi sekitar 1200 mg per hari setelah usia 50.

Mempertahankan Massa Otot dan Berat Badan

Membangun massa otot dapat dilakukan pada usia berapa pun. Ketika akan memulai kebiasaan yang baik di usia muda, termasuk mengonsumsi protein yang cukup dan terlibat dalam latihan ketahanan tubuh, akan cenderung melanjutkan kebiasaan tersebut sepanjang hidup.

Sebagian besar, massa tubuh tanpa lemak menentukan tingkat metabolisme pada saat istirahat. Membangun massa otot adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk melawan peningkatan obesitas, akibat peningkatan lemak dan berat badan seiring bertambahnya usia.

Menjaga Kesehatan Kulit

Makanan yang masuk ke dalam tubuh dan cara merawat kulit di masa muda, dapat memengaruhi penampilan kulit saat bertambah tua. Kondisi kulit bergantung pada protein untuk memproduksi dan mendukung strukturnya, serta kebutuhan cairan untuk membantu mencegah kekeringan.

Membiasakan diri membersihkan, melembapkan dan secara teratur menggunakan tabir surya ketika masih muda dapat membantu mempertahankan kulit yang sehat saat usia bertambah. Efek Kerusakan kulit yang terjadi saat muda mungkin baru akan muncul saat usia lanjut. Jadi pertahanan terbaikmu adalah membiasakan merawat kulit dengan baik mulai dari sekarang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading