Sukses

Lifestyle

Pola Makan Modern Dapat Mempengaruhi Kesehatan Gigi dan Mulut

Fimela.com, Jakarta Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) taun 2018 menunjukkan proporsi masalah gigi dan mulut di Indonesia masih tergolong besar hingga perlu menjadi perhatian dengan tingkat persentase sebesar 57.6%. Data ini diikuti oleh peningkatan presentase prevalensi gigi tetap berlubang terus mengalami peningkatan dilihat dari RISKESDAS tahun 2007 sebesar 43.4% dan 2013 sebesar 53.2%.

Padahal, kesehatan gigi dan mulut dapat berpengaruh pada kualitas hidup, baik kesehatan umum maupun kehidupan sosial. Nah, berikut ini beberapa fakta-fakta seputar kesehatan gigi tetap bagi anak usia remaja di Indonesia:

1. Kebiasaan penyebab gigi berlubang terbawa sejak kecil

Data RISKESDAS 2018 menyebutkan bahwa 93% anak usia dini mengalami gigi berlubang ataupun permasalahan karies gigi. Kebiasaan tidak menyikat gigi secara teratur sejak kecil dapat terbawa hingga dewasa dan memberi dampak bagi kesehatan gigi tetap.

“Kebiasaan menyikat gigi tidak teratur sejak kecil dapat memberi dampak berlanjut. Saat usia dini, gigi susu berlubang masih ada kesempatan digantikan oleh kehadiran gigi tetap, sedangkan ketika remaja hampir semua gigi telah berganti menjadi gigi tetap dan ketika sudah berlubang hingga dewasa tidak dapat lagi digantikan oleh gigi alami,” papar drg. Fanny Anduari di acara edukasi kesehatan mulut dan gigi tetap untuk remaja oleh Young Living Indonesia.

 

 

2. Hanya 2,8 persen masyarakat tahu cara sikat gigi yang benar

Data dari Riskesdas 2018 mencatat baru 2,8% penduduk Indonesia yang sudah menyikat gigi dua kali sehari secara benar pada waktu yang tepat, yakni pagi dan malam sebelum tidur. Tiga tahapan yang perlu diperhatikan untuk cara sikat gigi yang benar, yakni:

1) Sikat gigi searah dari arah gusi ke mahkota gigi hingga seluruh permukaan gigi tersikat

2) Sikat permukaan kunyah gigi dengan gerakan maju mundur

3) Sikat permukaan dalam gigi dengan gerakan mencungkil

3. Pola makan dan minum modern berpengaruh besar

Pola makan dan minum mempengaruhi kesehatan gigi dan dan mulut. Perlu menjadi perhatian untuk menghindari makanan manis dan lengket, mengurangi cemilan di antara waktu makan, kumur air putih setelahnya, serta sangat diperlukan konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

“Melihat permasalahan tersebut, Young Living meluncurkan pasta gigi Thieves Aromabright dan obat kumur Thieves Fresh Essence dengan kombinasi kandungan dan bahan alami dari peppermint, spearmint dan cinnamon bark serta tidak mengandung pemanis buatan dan tanpa bahan pengawet bertujuan meningkatkan kepercayaan diri remaja Indonesia,” ungkap Roslina Situmeang, Marketing Manager Young Living Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading