Sukses

Lifestyle

Menurut Psikolog, Begini Teknik Cerdas untuk Menjadi Orang Sukses

Tiap orang pasti berharap dalam setiap hal yang ia lakukan bisa mengantarkannya kepada jalan menuju sukses. Namun, seringkali ada saja hambatan yang menghalang untuk bisa menuju kesuksesan, seperti tidak tahu teknik yang efektif dalam meraih tujuan.

Berdasarkan penelitian yang dilansir dari Bright Side, 92% orang tidak mampu untuk mencapai tujuan hidupnya. Namun pada waktu yang sama, ada banyak orang yang bisa menjadi sukses dan membagikan kiat-kiat sukses mereka. Faktanya, ternyata meraih tujuan hidup tidak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa teknik mudah agar kamu bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan dan menjadi bagian 8% dari orang-orang sukses.

Teknik dalam menentukan tujuan ini disebut SMART. Cara ini dipercaya mampu menjadikan tujuanmu terarah, mengetahui cara yang tepat untuk mewujudkannya dan membantu tujuanmu agar lebih spesifik, dapat dipahami, dan bisa dijangkau. Teknik ini terdiri dari 5 kriteria :

    Spesifik

    Menentukan tujuanmu harus lebih spesifik. Misalnya kamu ingin memiliki gaya hidup yang sehat lalu menuliskan goals kecil seperti “berolahraga ”. Baiknya coba spesifikkan lagi dengan “berolahraga tiap pagi”.

    Measurable

    Untuk mengukur kesuksesanmu, baiknya buat tujuan lebih terukur seperti “ingin menurunkan berat badan 5 kg” daripada hanya memasang tujuan “berat badan turun”.

    Achievable

    Tidak ada salahnya bermimpi besar, namun kamu harus bisa berpikir realistis agar tujuan tersebut bisa dicapai bukan? Cobalah ubah tujuanmu dengan hal yang lebih realistis seperti lebih banyak latihan dan belajar cara memasak yang benar untuk menjadi seseorang yang bisa memasak.

    Relevant

    Tujuanmu harus sesuai dengan rencana dan ekspektasi. Jika kamu ingin menjadi seorang yang sukses dalam berbisnis, maka lakukan berbagai cara seperti bergabung dengan komunitas bisnis, membaca buku orang yang pintar berbisnis, dan mencoba bisnis kecil-kecilan. Tentukan rencana yang sesuai dengan tahapan sederhana terlebih dahulu sebelum meraih tahapan yang lebih tinggi lagi.

    Time-bound

    Tujuan juga harus memperhatikan yang namanya waktu. Kalau kamu terburu-buru untuk belajar bahasa Inggris dengan tidak mempelajari bahasa dasarnya terlebih dahulu, maka kamu akan bingung di tengah jalan tanpa mengetahui hasilnya.

Teknik-teknik tersebut harus kamu lakukan secara konsisten dan rutin. Menjadi orang sukses memang butuh kegigihan serta kerja keras yang tinggi, maka kamu harus menyusun rencana kecil terlebih dahulu untuk bisa mencapai rencana yang lebih besar agar bisa mencapai tujuan. Semangat!

(vem/mgg)
What's On Fimela
Loading