Sukses

Lifestyle

Wujudkan Pernikahan Indah Sesuai Anggaran, Mulailah Dari Ini!

Menikah tidak selalu mewah, mahal dan menghabiskan banyak uang. Karena pernikahan yang dilaksanakan sederhana namun terencana justru bisa membuat kehidupan rumah tangga bahagia dan jauh dari perceraian nantinya, seperti yang diungkapkan dalam penelitian dari Emory University.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Pernikahan Sederhana Justru Bikin Bahagia

Namun bagaimana caranya mengatur keuangan sesuai anggaran namun tetap bisa mewujudkan pernikahan impian? Gisela Setyawan dari Hilda Consultant berbagi mengenai tips persiapan pernikahan yang benar sehingga tidak mengganggu keuangan.

Banyak pasangan datang padanya dan bertanya harus mulai dari mana. Gisela berpendapat bahwa acara pernikahan masa kini mengambil sisi yang lebih pribadi atau khusus, dengan tamu undangan yang sedikit atau hanya mengundang orang-orang terdekat saja, serta tema acara yang lebih sederhana, santai namun berkesan.

Ditemui dalam acara Bridestory Market 2018, ia mengatakan,"Kalau di Jakarta sendiri, tamu undangan berkisar antara 600 sampai 800 orang. Angka yang berbeda jauh dalam 3 tahun belakangan, yang bisa mencapai 2.000 sampai 3.000 tamu undangan."

Anggaran besar biasanya untuk gedung dan katering/copyright unsplash.com/Sweet Ice Cream Photography

Ia mengungkapkan bahwa sebagian besar anggaran pernikahan dialokasikan untuk tempat dan katering, bisa mencapai 50 hingga 60%. Sisanya menyesuaikan.

Ketika customer datang padanya dengan budget 500 juta, sedangkan gedungnya saja 400 juta, pasangan harus mengakali bagaimana mencukupkan anggaran untuk baju pengantin, dan lain sebagainya.

Jika memang biaya mepet, akan lebih baik menghindari pernikahan tradisional yang seringkali makan banyak biaya. Lebih cocok memilih pernikahan modern yang lebih simpel. Dan juga ladies, pastikan tamu undangan adalah orang-orang yang memang dekat dan perlu diundang, sehingga tak perlu menambah biaya besar.

Biaya pernikahan semakin hari semakin mahal, jika tidak pandai mengatur anggaran maka bisa bahaya nantinya. Yuk lebih cerdas sikapi persiapan pernikahan, ladies!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Hal Penting Soal Keuangan yang Bisa Dipelajari Lewat Drama Squid Game
Artikel Selanjutnya
Hadirkan Peace of Mind di Segala Kebutuhan, Visa & CIMB Luncurkan Kartu Preferred Infinite Syariah