Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Mengapa Multitasking Tidak Selamanya Baik untuk Dilakukan

Multitasking merupakan aktivitas yang mengerjakan segala hal dalam satu waktu sekaligus. Seorang multitasker tentunya akan merasa efektif jika semua tugas yang dikerjakannya akan cepat selesai jika dilakukan dengan bersamaan. Namun, ternyata menurut penelitian multitasking tidak selamanya bagus untuk dilakukan.

Untukmu seorang multitasker, cobalah berhenti sejenak. Ketahui jika hal yang kamu lakukan saat ini hanya akan membawa dampak negatif berikut ini.

1. Multitasking membuatmu jadi kurang produktif
Para ilmuwan mengatakan bahwa hampir tidak mungkin bagi manusia untuk melakukan kedua hal bersamaan dengan baik. Multitasking hanyalah mengalihkan pikiran kepada pikiran yang lain dengan cepat. Nah, peralihan itulah yang bisa menjadi gangguan karena penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu 23 menit atau 15 detik untuk memfokuskan pikiran kembali pada tugas yang terganggu. Jadi multitasking hanya akan membuat kehabisan banyak waktu karena harus memfokuskan pikiran pada banyak hal.

2. Multitasking bisa membuatmu jadi pelupa
Apakah saat mengerjakan sesuatu kamu jadi sering teringat suatu hal yang belum kamu lakukan? Nah, itu bisa menjadi bukti kalau multitasking bisa merusak ingatan. Menurut penelitian dari University of Californi San Fransisco, multitasking hanya akan membawa efek negatif untuk memori jangka pendek sehingga kamu bisa menjadi cepat lupa.

3. Multitasking bisa membuat kerjaanmu tidak maksimal
Dr. Paul Hammerness dan Margaret Moore, author Organize Your Mind, Organize Your Life mengatakan kalau multitasking bisa membuatmu menjadi sering melakukan kesalahan dan sering melupakan suatu informasi yang penting. Enggak heran deh hasil kerjamu jadi kurang maksimal!

4. Multitasking hanya akan membuatmu mudah lelah
Rasanya gimana sih kalau kamu mencoba mengetik layar di laptop tapi sambil stalking Instagram? Pasti rasanya lelah dan bikin stres. Mata jadi cepat kabur, detak jantung semakin cepat, dan rasanya hari-hari menjadi berat. Coba deh sesekali untuk menghabiskan waktumu dengan fokus satu kerjaan saja. Pastinya rasanya akan jauh berbeda daripada kamu menyelesaikan semuanya sekaligus.

Sudah banyak penelitian yang mengatakan kalau multitasking bisa meningkatkan tingkat stres dan memacu otak untuk mengeluarkan hormon adrenalin. Yuk coba deh challenge diri sendiri untuk selalu fokus pada satu tugas. Kamu juga bisa mencoba Pomodoro Technique yang bisa membuatmu lebih produktif. Selamat mencoba!

(vem/mgg)
What's On Fimela
Loading