Sukses

Lifestyle

BPOM Beri Klafirikasi Soal Video Kopi Luwak yang Mudah Terbakar

Ladies, beberapa waktu belakangan ini beredar video yang viral dan diperbincangkan oleh banyak orang. Dilansir oleh KapanLagi.com (30/9), dalam video tersebut tampak beberapa orang pria dewasa tampak melakukan eksperimen sederhana menggunakan korek api dan sebungkus kopi luwak. Kopi langsung terbakar setelah korek dinyalakan. Apinya pun membesar dan membuat banyak orang kaget. Karena hal tersebut banyak orang menduga jika kopi tersebut berbahaya dan mengandung bubuk mesiu yang biasa dipakai sebagai bahan petasan.

BPOM pun tak tinggal diam. Menanggapi hal ini, mereka pun memberikan penjelasan. Walaupun terbakar, kopi tersebut aman dikonsumsi. Ini karena partikel kopi tersebut sangatlah ringan dan halus serta mengandung minyak sehingga membuatnya mudah terbakar. "Seperti telah dijelaskan BPOM RI sebelumnya, bahwa produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antar atom karbon), kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori dapat terbakar/menyala jika disulut dengan api," tulis mereka.  

BPOM juga menegaskan jika kopi cap Luwak sudah melalui evaluasi keamanan dan mutu, serta telah mendapatkan nomor izin edar. Kopi ini sangat aman untuk dikonsumsi.

BPOM lebih lanjut juga menegaskan bahwa kopi cap Luwak bukan satu-satunya produk pangan yang mudah terbakar ketika tersulut api. Ada sederet bahan makanan yang juga akan memiliki reaksi kimia yang sama seperti tepung terigu, merica bubuk, cabe bubuk, putih telur, susu bubuk, pati jagung, biji-bijian, kentang, dan kopi bubuk lainnya.

Ladies, jangan mudah terpengaruh dengan berita yang belum terbukti kebenarannya ya. Selalu cek dua kali sebelum menyebarkan berita atau kabar agar tak menjadi hoax.

(vem/ivy)
What's On Fimela
Loading