Sukses

Lifestyle

5 Makanan Tradisional Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat

Fimela.com, Jakarta Liburan akhir tahun hampir tiba. Sudah menentukan tempat untuk menikmati liburan mengesankan, tak terlupakan dan berkesan buatmu Sahabat Fimela?

Ngomongin soal tujuan wisata, nampaknya Lombok menjadi kota tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Selain memiliki pemandangan super mengagumkan indahnya, Lombok juga dikenal sebagai tujuan wisata yang kaya akan kuliner lezat nan menggugah seleranya. Berikut ini sedikitnya ada 5 makana khas Lombok yang sangat enak dan menggugah selera dan wajib dicoba saat berwisata ke sana.

1. Ayam Taliwang

Jika Bali punya ayam betutu, Lombok yang berada di Nusa Tenggara Barat ini memiliki ayam taliwang. Ayam Taliwang adalah menu yang sudah mendunia dan disukai para wisatawan lokal maupun asing. Rasa daging ayam yang gurih ditambah bumbu khas Lombok yang sedap, membuat masakan ini sayang banget jika harus dilewatkan begitu saja.

2. Nasi Balap

Nasi balap adalah makanan khas Lombok yang tak boleh dilewatkan selanjutnya. Nasi balap terdiri dari nasi putih hangat, ayam suwir dengan bumbu pedas, irisan kentang goreng garing dan kacang kedelai goreng. Buat yang suka makanan pedas, wajib banget nih mencoba sajian ini. Buat yang tak suka makanan pedas, ada kok beberapa Nasi Balap yang tak pedas.

Sate Bulayak dan Sate Pusut

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak merupakan makanan khas Lombok selanjutnya. Sate bulayak biasanya disajikan bersama ketupat khas Lombok dengan bumbu khusus campuran kemiri dan santan kelapa yang super gurih. Sajian ini tak hanya lezat tetapi juga sehat.

4. Plecing Kangkung

Makanan khas Lombok selanjutnya ada plecing kangkung. Meski terlihat sangat sederhana, plecing kangkung sangat lezat. Kurang lengkap rasanya jika menyantap makanan khas Lombok lainnya tanpa ditemani plecing kangkung.

5. Sate Pusut

Pulau Lombok juga punya satu makanan lain yang menggugah selera. Makanan tersebut adalah sate pusut. Bentuknya mirip dengan sate lilit khas Bali. Jika sate lilit umumnya terbuat dari daging ikan, sate pusut terbuat dari daging sapi yang dicincang halus kemudian dicampur dengan parutan kelapa serta bumbu khas Lombok.

Itulah beberapa makanan khas Lombok yang sangat menggugah selera dan wajib dicoba saat berlibur ke sana. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga khas dengan pulau Lombok ada sate rembige, kelaq kelor, baberuq terong, cetorot, bebalung dan ares. Dari sekian banyak makanan yang ada, mana nih yang sudah Sahabat Fimela cicipi?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading