Sukses

Lifestyle

Menariknya Tradisi Pernikahan di Korea

Indonesia dikenal memiliki berbagai macam tradisi unik pernikahan. Mungkin Ladies sudah banyak mengetahuinya. Untuk yang satu ini, Ladies mungkin belum pernah tahu, yaitu tradisi pernikahan di Korea.

Di Korea, elemen tradisinya sedikit meminjam dari tradisi China. Seperti penggunaan jasa peramal dan penentuan apakah suatu pasangan cocok atau tidak. Selain itu, dilansir dari weddingsatwork.com, keunikannya juga ada pada:

Pertunangan
Di pertunangan Korea, hadiah adalah unsur penting. Hadiah harus diserahkan semalam sebelum pesta pernikahan. Pengantin laki-laki harus mengenakan kostum dan wajahnya dilumuri tinta cumi-cumi sampai hitam. Setelah itu, teman pengantin laki-laki harus berkeliling membawa kotak yang dipenuhi dengan hadiah. Kotak ini biasa disebut hahm. Hadiah-hadiah tersebut akan dibeli oleh keluarga mempelai wanita. Sekitar 300 sampai 400 juta bisa dihabiskan untuk hadiah-hadiah tersebut.

Baju pengantin
Ladies pasti sering melihat baju di drama-drama Korea yang menceritakan peradaban kerajaan Korea. Seperti itulah baju yang sekarang masih digunakan untuk pernikahan. Baju-baju tersebut haruslah baju yang pernah dikenakan oleh bangsawan di Korea.

Makanan
Yang menarik dari hidangan yang disuguhkan adalah hidangan yang disesuaikan dengan musimnya. Menu makanannya mayoritas didominasi oleh mie. Kenapa mie? Di Korea, mie merupakan perlambangan dari panjang umur dan kebahagiaan hidup. Unik ya?

Tradisi-tradisi pernikahan di Korea ini bisa berkali-kali lipat lebih mahal daripada di Indonesia lho, Ladies. Seperti tradisi dipertunangan yang bisa menghabiskan biaya bgitu banyak.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading