Sukses

Lifestyle

Manfaat Khitan Menurut Islam

Dalam agama Islam khitan merupakan salah satu media pensucian diri dan bukti ketundukan kaumnya kepada ajaran agama. Khitan secara bahasa artinya memotong. Secara terminologis artinya memotong kulit yang menutupi alat kelamin lelaki. Bahasa Arab khitan juga digunakan sebagai nama lain alat kelamin lelaki dan perempuan.

Dalam hadist Rasulullah bersabda, "Kesucian (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis dan memotong kuku". Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: "Diantara kemuliaan yang diberikan Allah SWT kepadaku adalah, aku dilahirkan dalam keadaan sudah dikhitan, karena itu tidak ada orang yang melihat aurat/kemaluanku". Dan khitan adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim.

Manfaat Khitan bagi Kesehatan Menurut Islam

Terlepas dari itu semua, sebenarnya khitan mempunyai banyak manfaat. Seperti yang dijelaskan pada situs islam-qa.com, manfaat khitan diantaranya ialah:

1. Mencegah infeksi dan mengurangi resiko tertular dan menyebarkan infeksi penyakit menular seperti HIV-AIDS.

2. Alat kelamin pria dilewati saluran urine atau kencing dimana terdapat kuman atau kotoran yang terbawa saat buang air kecil yang terkumpul dan menumpuk dibawah kulit pada kepala penis yang bisa menyebabkan kuman tinggal dan berkembang disana.

3. Menurut penelitian pada orang yang tidak disunat lebih besar resikonya timbuk infeksi yang berakibat pada terjangkitnya berbagai penyakit diantaranya yang paling menghawatirkan adalah Kanker Penis.

4. Selain mengurangi risiko tertular HIV melalui hubungan seks, pria yang disunat juga jauh dari risiko terkena virus human pappiloma virus (HPV), Virus ini juga merupakan penyebab penyakit Kanker Serviks (leher rahim) pada wanita.

Jadi, khitan tak sekadar anjuran agama tapi memang dari sisi kesehatan memiliki banyak manfaat. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading