Sukses

Lifestyle

Infeksi Vagina (5): Bakteri Menginfeksi Miss V? Bagaimana Caranya?

Ladies, artikel ini adalah kelanjutan dari 'Infeksi Bakteri pada Miss V'. Di situ kita sudah membahas bakteri apa yang sering menjadi penyebab Bacterial Vaginosis, dan dampak yang mungkin terjadi jika membuiarkan BV.

Di sini, kita akan membahas bagaimana sih penularannya. Kondisi apa saja yang memungkinkan Ladies untuk terinfeksi bakteri?

Menurut wikipedia.org, penyebab Bacterial Vaginosis yang paling sering adalah douching, atau membilas Miss V dengan menggunakan cairan pembersih Miss V.

Menggunakan pembersih kewanitaan secara berlebihan menyebabkan matinya bakteri baik yang menjaga kesehatan Miss V. Di saat itulah, lactobcillii mengambil alih.

Penularan BV melalui hubungan seks mungkin terjadi, tetapi kebanyakan kasus malahan terjadi pada mereka yang tidak aktif berhubungan seks. Jadi, tampaknya memang perubaha pH dan lemahnya daya tahan tubuh yang bisa menjadi penyebab infeksi BV.

Tingginya tingkat stres juga bisa menjadi penyebab infeksi bakteri pada Miss V lho, Ladies. Tak percaya? Fakta ini didasarkan riset lho, Ladies. Judulnya adalah American Journal of Obstretic and Gynecology, yang diterbitkan pada tahun 2006.

Jadi, berhati-hatilah saat membersihkan Miss V. Tak perlu menggunakan bahan ataupun metode yang aneh-aneh. Cukup dengan membersihkan Miss V dengan aliran air hangat atau tisu setelah buang air kecil.

Selain itu, pelihara juga daya tahan tubuh. Usahakan jangan terlalu stres. Makanan pun juga harus dijaga agar terhindar dari infeksi bakteri. Kalau sudah terinfeksi, kan Ladies sendiri yang merugi. Lebih baik mencegah, bukan?

Oh iya, Ladies. Jangan berhenti membaca. Masih ada infeksi Miss V yang disebabkan trichomoniasis. Selamat membaca!

 

Oleh: Sahirul Taufiqurrahman

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading