Sukses

Lifestyle

Apa Saja Kriteria Memilih Nama Perusahaan Berdasarkan Primbon Nama Perusahan? (Part 3)

Setelah dua kriteria dalam ulasan terdahulu, saatnya Ladies menyimak kriteria ketiga terkait cara umum memilih nama perusahaan berdasar informasi umum yang disalirkan dari primbon nama perusahaan. Dalam menentukan nama perusahaan yang akan Anda bangun, penting juga untuk mempertimbangkan latar belakang dari nama tersebut.

Dijelaskan laman namafb.com, yang dimaksud pertimbangan latar belakang yang mesti diperhatikan adalah kesesuaian nama dengan bidang bisnis Anda. Misal saja, mencantumkan label 'Tech' sebagai latar belakang bahwa perusahaan Anda bergerak di bidang teknologi bisa sangat membantu pasar mengidentifikasi perusahaan baru Anda. Hal yang sama berlaku untuk pencantuman label 'Fashion' untuk Anda yang bergerak di bidang busana atau ”Printing” bagi Anda yang bergerak di bidang percetakan, dan sejenisnya.

Selain latar belakang, inspirasi atau 'sejarah' sebuah nama juga bisa digunakan sebagai dasar memilih nama perusahaan baru Anda. Seperti dilangsir dari laman kerjausaha.com, banyak sekali perusahaan besar, bahkan kaliber internasional, yang melakukan hal ini.

Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Nokia yang digunakan sebagai 'pengingat' bahwa perusahaan komunikasi ini pada awalnya merupakan sebuah pabrik kertas yang didirikan di dekat sungai Nokianvirta. Demikian juga dengan 'Apple' yang tercetus ketika sang pendiri, almarhum Steve Jobs, sedang makan buah apel.

Di samping sejarah dan latar belakang, banyak nama perusahaan yang diambil berdasar filosofi atau unsur idealisme untuk menambah daya tarik konsumen. Contoh adalah 'Sanyo' yang dalam bahasa Jepang berarti 'tiga samudra' yang mencerminkan ambisi sang pendiri perusahaan untuk memperluas jaringan pemasaran ke tingkat internasional, yakni menembus batas samudra Pasifik, Atlantik dan Hindia.

Contoh menarik lain adalah perusahaan 'Google' yang sebetulnya ingin disebut “googol” oleh sang pemilik. Makna kata terakhir adalah angka yang sangat besar, 1 diikuti 100 angka nol, untuk mencerminkan ide perusahaan terkait sistem indeksasi dan pencarian entry, yaitu 100 jawaban tersedia dengan satu kata kunci.

See Ladies, sangat menarik bukan?

Oleh: Pipit Pratiwi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading