Sukses

Lifestyle

Penyakit Menular Seksual: HIV/AIDS

Ladies, pastinya tidak asing lagi kan dengan penyakit ini bukan? HIV/Aids adalah salah satu penyakit yang digadang-gadang banyak disebabkan oleh pergaulan yang tidak sehat semisal hubungan seks pranikah dengan banyak orang serta penggunaan jarum suntik secara bergantian.

Virus HIV (Human Immunodeficiency) ini menjadi menyebabkan terjadinya Acquired Immune Deficiency Syndrome atau yang lebih dikenal dengan AIDS. Virus ini bisa disebarkan melalui darah ataupun cairan tubuh.

Menurut beforeplay.org, orang yang terinfeksi virus HIV tidak menunjukkan gejala sama sekali pada awalnya. Mereka akan terlihat seperti orang yang sehat dalam kurun waktu yang lama, bertahun-tahun.

Dan justru gejala tersebut yang membuat penyakit ini dianggap paling mematikan! Tanpa disadari penderita dan semua orang, pelan namun pasti gejala yang serius akan muncul dan semakin parah serta berujung pada kematian.

Sampai saat ini, tidak ada obat untuk HIV tetapi ada suatu terapi yang membuat penderitanya bisa hidup lebih lama dan sehat. Jika seseorang didiagnosis terinfeksi virus HIV atau merasa telah terinfeksi virus ini maka segera dapatkan profilaksis pasca infers (PEP) yang bisa mengurangi infeksi HIV yang terjadi. Namun, PEP ini ada pengobatan yang harus dilakukan secepat mungkin, paling tidak dalam kurun waktu 72 jam setelah masa infeksi.

 

Oleh: Austin Miracle Widya Sari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading